Lapan Bangun Kantor Operasional Observatorium Timau

    Kupang, jurnalsumatra.com –  Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) akan membangun Kantor Operasional Observatorium Nasional Timau, guna mendukung pembangunan fasilitas observatorium di pegunungan Timau, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Lapan, Ir.Jasyanto MM ketika menghubungi Antara dari Jakarta, Sabtu, mengatakan pencanangan pembangunan fasilitas Kantor Lapan akan dilakukan Kepala Lapan, Prof.Dr.Thomas Djamaludin di kawasan pegunungan Timau.
Ia mengatakan, pencanangan pembangunan Kantor Operasional Observatorium  Timau dilaksanakan bersamaan dengan pencanangan pembangunan fasilitas observatorium nasional di Pegunungan Timau dilakukan Menteri Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof.
Mohamad Nasir di pegunungan Timau, Senin (9/7).

      “Kepala Lapan sendiri akan mencanangkan pembangunan Kantor Pusat Operasional Observatorium Nasional Timau dan pusat sains yang berlokasi di Tilong,” kata Jasyanto.
Jasyanto mengatakan, kehadiran Kantor Operasional Lapan di NTT, selain sebagai pusat pengendalian operasional observatorium nasional Timau juga menjadi pusat edukasi keantariksaan bagi masyarakat di provinsi berbasis kepulauan ini.
Jasyanto menambahkan, masyarakat adat di Kabupaten Kupang juga akan menyerahan secara resmi tanahnya kepada pemerintah Indonesia sebagai wujud dukungan terhadap pembangunan Observatorium Nasional Timau.
Untuk diketahui Observatorium  Nasional Timau mulai dibangun di pegunungan Timau, Kecamatan Amfoang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.
Keunggulan pegunungan Timau sebagai lokasi pembangunan observatorium nasional yaitu dekat dengan khatulistiwa, memiliki kondisi iklim dan cuaca yang cocok untuk pengamatan astronomi serta jauh dari hunian dan pemukiman penduduk dan berada dalam
kawasan cagar alam.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 3 =