Lapas Nunukan Dapat Tambahan Puluhan Napi

     Nunukan, jurnalsumatra.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nunukan, Kalimantan Utara mendapatkan tambahan narapidana dari Kabupaten Bulungan yang masuk lapas ini pada Jumat (26/1).
Kepala Lapas Kelas IIB Nunukan Nurwulan Hadi Prakoso, di Nunukan, Selasa, menyatakan adanya tambahan tahanan yang hukumannya telah berkekuatan hukum tetap (inkrah) sebanyak 31 orang itu dari Kabupaten Bulungan, sehingga menyebabkan kondisi hunian lapas setempat semain sesak.
Padahal, sebelum kedatangan 31 tahanan ini jumlah warga binaan telah melebihi kapasitas, namun masih ditambah lagi, sehingga semakin mempersempit ruang gerak di lapas ini.
Adanya tambahan 31 orang tersebut, membuat jumlah warga binaan di Lapas Nunukan menjadi 852 orang, dengan kapasitas sebenarnya hanya 260 orang.

Tambahan napi yang baru datang itu terdiri 28 laki-laki dan tiga orang perempuan. Kemudian, 15 tahanan kasus narkoba, tujuh orang kasus pencurian, dan satu kasus penganiayaan.
Selanjutnya, dua orang kasus penipuan dan satu orang kasus pencabulan, satu orang kasus perjudian, dan dua orang kasus kecelakaan  lalu lintas. Kedatangan 31 napi ini merupakan kiriman pertama kali pada 2018, setelah sebelumnya beberapa kali mendapatkan kiriman tahanan dari Bulungan.
Nurwulan mengatakan, penambahan warga binaan di Lapas Nunukan mengacu pada hasil pertemuan di Samarinda 2016. Bahkan telah mendapatkan informasi akan mendapatkan kiriman lagi pada Februari 2018.
Lapas Nunukan yang memiliki empat blok terdiri 56 kamar, di antaranya dua kamar untuk anak di bawah umur, satu kamar isolasi, dan delapan kamar khusus perempuan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 5 =