Legislator: Aspirasi Warga Dalam Musrenbang Jarang Diakomodir

     Timika, jurnalsumatra.com – Kalangan Legislator Kabupaten Mimika, Papua, menilai berbagai usulan aspirasi warga melalui Musrenbang tingkat kampung dan distrik jarang bahkan ada yang tidak diakomodir dalam APBD Induk Mimika.
Anggota DPRD Mimika dari Partai Nasdem Aser Gobai di Timika, Sabtu mengakui, berdasarkan hasil reses di masyarakat, keluhan terkait banyak program diusulkan namun tidak diakomodir dalam APBD disampaikan oleh warga.
“Masyarakat sendiri yang sampaikan kepada kami bahwa apa yang diusulkan dalam Musrenbang kampung dan selanjutnya diakomodir dalam Musrenbang distrik tidak diakomodir dalam Musrenbang tingkat kabupaten,” kata Aser.

     Sementara itu, Anggota DPRD Mimika dari Partai Gerindra, Markus Timang juga mengatakan bahwa keluhan masyarakat terkait usulan musrenbang tidak diakomord disampaikan ketika reses di kampung Iwaka, distrik Iwaka.
“Mereka sendiri sampaikan bahwa misalnya usulan pembangunan jembatan yang berada di dalam kampung sudah disampaikan dalam setiap kali musrenbang kampung dan distrik,” kata Markus.
Terkait hal tersebut, Aser menilai terdapat sejumlah hal yang tidak sesuai dengan seperti tidak adanya perwakilan OPD dalam Musrenbang tingkat distrik.
“Artinya bahwa program yang diakomodir dalam APBD Mimika yaitu murni program OPD dan buka berdasarkan dari kebutuhan masyarakat,” kata Aser.
Aser meminta agar pimpinan OPD dapat menyusun program kerjanya sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Mimika khusus terkait Mimika yang sejahtera dapat terwujud.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 8 =