Legislator Dukung Peningkatan Promosi Wisata Daerah

Gorontalo, jurnalsumatra.com – Legislator Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Matran Lasunte, di Gorontalo, Senin, menyatakan sangat mendukung peningkatan kegiatan promosi wisata daerah itu. “Kunjungan wisatawan ke daerah ini, belum signifikan maka promosi harus dioptimalkan,” ujarnya.

  Menurut dia, kekuatan promosi menjadi daya dorong meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan manca negara. “Percuma saja membangun infrastruktur pendukung di sektor pariwisata, namun mengabaikan promosi,” tuturnya.

  Ia menambahkan, potensi pariwisata di daerah itu sangat besar dan menjanjikan, baik di darat apalagi laut, namun optimalisasi promosi belum dilakukan.
  Maka DPRD mengingatkan pemerintah daerah untuk mendorong setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mempromosikan pariwisata.

  Ia mencontohkan, mereka yang akan tugas ke luar daerah agar tidak lupa menyelipkan promosi wisata daerah itu, pada kegiatan kedinasan yang diikuti.

  Dengan begitu, kegiatan promosi dapat dilakukan siapa saja dan kapan saja, tanpa harus menunggu kucuran anggaran.
  Sebab kemajuan sektor pariwisata, kata politisi PPP itu, akan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

  Hal yang sama diungkap Rahmat Lamaji, legislator dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN). Dia berharap pemerintah daerah meningkatkan promosi wisata melalui sistem jejaring sosial.

  Promosi juga bisa dilakukan melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) maupun Desa (Bumdes). Jadi, tidak sekedar bergantung pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat, namun bisa dilakukan bersama oleh seluruh elemen masyarakat dan pemerintah daerah.

  “Dampaknya, jumlah kunjungan wisatawan akan meningkat,” ujar Rahmat.

  Banyak objek wisata, seperti pulau-pulau cantik yang memiliki mudah dijangkau, bahkan telah siap menjadi destinasi wisata baru di daerah itu, kata Rahmat, namun kegiatan promosinya belum optimal.

  Ia berharap, tahun ini beberapa kegiatan pariwisata yang akan digelar di Provinsi Gorontalo akan berdampak pada naiknya kunjungan wisatawan ke daerah itu, dan diawali dengan kegiatan promosi yang tepat.(anjas)