Legislator Kotawaringin Timur Kawal Penggunaan APBD Perubahan

    Sampit, jurnalsumatra.com – Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo mengatakan, pihaknya akan mengawal penggunaan APBD Perubahan 2018.
“Harus dipantau terus penggunaan APBD Perubahan 2018 agar tepat sasaran dan sesuai dengan peruntukannya,” katanya di Sampit, Kalimantan Tengah, Rabu.
Menurut Handoyo, APBD Perubahan Kotawaringin Timur 2018 harus dipergunakan untuk program pembangunan skala prioritas, seperti pendidikan, kesehatan dan pertanian.
“Bukannya kami tidak percaya terhadap organisasi perangkat daerah (OPD) pengguna anggaran, namun ini semua kita lakukan agar tepat sasaran. Selain itu, ini juga sudah menjadi tugas pokok dan fungsi kami,” ucapnya menerangkan.
Handoyo berharap serapan anggaran APBD Perubahan 2018 bisa lebih maksimal dibandingkan pada serapan anggaran APBD murni yang hanya mencapai 40 persen pada semester I.

     “Kami ingin antara serapan anggaran dengan pelaksanaan program pembangunan seimbang. Jangan sampai serapannya besar realisasi programnya rendah, hal itu yang harus dihindari,” katanya.
Handoyo juga meminta kepada pemerintah daerah untuk bisa menutupi defisit anggaran yang jumlahnya cukup besar yakni mencapai 200 persen.
Berdasarkan kesepakatan tim anggaran eksekutif dan legislatif, struktur RAPBD Perubahan Kabupaten Kotawaringin Timur 2018 mengalami pergeseran dari APBD Murni 2018.
Dilihat dari sisi pendapatan APBD Perubahan 2018 memang mengalami penurun dari Rp1,7 triliun menjadi Rp1,6 triliun.
Untuk belanja justru mengalami kenaikan dari Rp177 miliar menjadi Rp187 miliar atau mengalami kenaikan sebesar 5,8 persen.
Sedangkan untuk defisit hampir mencapai 200 persen dari Rp72 miliar lebih, naik menjadi Rp214 miiliar.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 5 =