Legislator: Obor Asian Games Menginspirasi Atlet Bali

     Denpasar, jurnalsumatra.com – Legislator Provinsi Bali Wayan Tagel Arjana berharap obor Asian Games 2018 yang melewati Pulau Dewata itu akan menginspirasi dan memotivasi para atlet di provinsi itu untuk lebih berprestasi di kancah nasional maupun internasional.
Wayan Tagel Arjana di Denpasar, Senin, mengatakan warga Bali patut bersyukur karena disinggahi obor Asian Games, apalagi ada atlet Pulau Dewata ini yang akan bertanding untuk tim Indonesia, salah satunya atlet pencak silat ganda putri.
“Saya yakin Bali mampu mencetak atlet-atlet berprestasi, sehingga mampu mengharumkan nama daerah dan bangsa Indonesia di kancah internasional,” katanya.
Lebih lanjut, Tagel Arjana mengatakan warga di wilayah yang dilewati api obor Asian Games, mulai dari Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Tanah Lot (Tabanan), Kota Denpasar, Istana Tampak Siring (Gianyar), dan Kuta, Kabupaten Badung akan menyambut dengan antusias.

Apalagi, lanjutnya, yang membawa obor tersebut adalah para atlet dan dikawal masyarakat. “Saya berharap masyarakat yang dilewati pawai obor Asian Games memberikan sambutan sebagai apresiasi bagi atlet maupun Indonesia sebagai tuan rumah,” ucapnya.
Ia mengatakan momentum olahraga Asian Games tersebut bagi bangsa Indonesia sangat penting, karena kegiatan ini sudah cukup lama sejak bangsa Indonesia merdeka, hanya pada tahun 1962. Karena itu saatnya Indonesia bangkit dalam bidang olahraga.
“Dengan disinggahinya pawai obor Asian Games, khususnya di Bali pada hari ini (Senin, 23/7) hingga Selasa (24/7), masyarakat menyambut dengan gembira, termasuk daerah lain yang dilewati juga mempersiapkan berbagai acara, seperti pementasan seni dan budaya,” ujarnya.
OCA (Olympic Council of Asia) telah mengumumkan Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018 akan mempertandingkan 40 cabang olahraga, yang terdiri dari 28 cabang olahraga olimpiade, empat cabang olahraga baru pada olimpiade, dan delapan cabang olahraga non-olimpiade.
Dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan tersebut, terdiri dari 67 disiplin pertandingan, 463 nomor pertandingan dan dua cabang olahraga eksebisi.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − two =