Legislator: Pengawasan Syariat Islam Harus Ditingkatkan

     Banda Aceh, jurnalsumatra.com – Anggota DPR Kota Banda Aceh Irwansyah mengatakan pengawasan syariat Islam harus terus ditingkatkan guna mencegah terjadinya pelanggaran.
“Pengawasan syariat Islam jangan sampai kendur. Pengawasan harus terus ditingkatkan untuk mencegah pelanggaran syariat Islam,” kata Irwansyah di Banda Aceh, Jumat.
Pernyataan politisi PKS itu menyikapi adanya laporan masyarakat terkait kegiatan bercampur baur wanita dan laki-laki hingga dini hari.
Menurut Irwansyah, kegiatan seperti itu seharusnya tidak terjadi kalau semua pihak berkomitmen mengawasi syariat Islam secara bersama-sama, sehingga tidak ada kegiatan berbaurnya laki-laki dan perempuan hingga tengah malam.
“Kegiatan atau kasus seperti ini seharusnya tidak boleh ada di kota Banda Aceh sebagai daerah yang memiliki komitmen untuk penegakan syariat Islam. Karena itu, kami meminta pengawasan syariat Islam harus terus ditingkatkan,” kata Irwansyah.
Selain itu, Irwansyah juga meminta wilayatul hisbah atau polisi syariah mengintensifkan patroli maupun razia rutin. Patroli dan razia rutin diyakini mampu mencegah terjadinya pelanggaran syariat Islam.
“Pencegahan pelanggaran harus dilakukan setiap saat, sehingga mampu mempersempit ruang gerak pelanggaran syariat Islam, termasuk pelaku maksiat di Kota Banda Aceh,” kata Irwansyah.
Irwansyah juga menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan zikir dan syiar yang semakin intensif digelar di Kota Banda Aceh. Namun di saat zikir berlangsung, ada kegiatan yang kurang sesuai dengan syariat Islam. Bahkan, kegiatan tersebut berlangsung hingga tengah malam.
“Kegiatan tidak sesuai syariat Islam harus dilarang. Sebab, warga Kota Banda Aceh sangat antusias mendukung penegakan syariat Islam di ibu kota Provinsi Aceh ini. Dan ini juga harus mendapatkan respons dari pemerintah kota guna memperkuat pengawasan syariat Islam,” pungkas Irwansyah.(anjas)

Leave a Reply