LEMKARI OKI Ujian Kenaikan Sabuk

Kayuagung, jurnalsumatra.com – Lembaga Karate – Do Indonesia (Lemkari) pengurus cabang Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan, menyelenggarakan ‘Ujian’ kenaikan sabuk bagi puluhan anak didiknya, Minggu (26/8/2018).

Kegiatan itu dilaksanakan di Aula kampus Universitas Islam OKI (Uniski) yang berada di kota Kayuagung, mulai sekira pukul 08.00 WIB dan disaksikan oleh para orangtua anak didik atau karateka yang mengikuti ujian.

Kendati dalam menghadapi ujian para karateka yang masih berusia 6 hingga 13 tahun ini tampak gugup, Namun satu persatu dengan langkah pasti serta penuh semangat mereka semua tak mundur memasuki ruang ujian.

Selanjutnya, Masing – masing karateka memperagakan jurus sebagai rangkaian materi ujian, sesuai instruksi atau arahan dari ‘Sang Penguji’ yaitu Senpai Tsabit dan Maul. Sambil keduanya menilai kepiawaian para karateka dalam mempraktekkannya.

Ujian praktek ini sendiri dikelompokkan dalam tiga (3) session, yakni Sabuk putih, Kuning dan Hijau. Dimana para karateka mengikuti ujian sesuai kelas atau sabuk yang dililitkan dipinggangnya masing – masing.

Senpai Tsabit, Pelatih sekaligus penguji menjelaskan, Untuk ujian kenaikan sabuk sebelumnya, diadakan di Palembang. Namun mengingat semua karateka kita berdomisili dan semuanya berusia muda, Makanya kali ini diselenggarakan di Kayuagung.

“Setelah berkoordinasi dengan Lemkari Sumsel, akhirnya diperbolehkan. Sebab jika digelar di Palembang seperti sebelumnya di Mapolda Sumsel, Kasihan anak – anak yang masih kecil bila harus berpanas-panasan ditengah lapangan,”Kata Tsabit.

Dan alhamdulillah, Lanjut Tsabit, Semua karateka lulus ujian dan berhak naik sabuk. Jikapun ada masih kurang hafal jurus – jurus khususnya karateka yang sabuk putih tetap bisa naik sabuk dengan catatan setelah sabuk kuning mereka terus melatih kemampuannya.

“Karateka yang sabuk putih ini, Memang rata – rata masih banyak berusia dini. Maka dari itu dapat kita maklumi jika belum terlalu hafal apa yang diajarkan. Untuk penyemangat mereka dalam latihan oleh karenanya tetap kita naikkan sabuknya,”tandas Tsabit.

Pantauan dilapangan, Untuk peserta ujian kenaikan sabuk yang dilaksanakan Lemkari OKI kali ini diperkirakan ada sekitar 11 orang karateka sabuk putih, 25 orang karateka sabuk kuning dan 5 orang karateka sabuk hijau. (ata)

Leave a Reply