Letkol Laut Wijayanto Jabat Danlanal Banjarmasin

     Banjarmasin, jurnalsumatra.com – Letkol Laut (P) Wijayanto resmi menjabat Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banjarmasin menggantikan Kolonel Laut (P) Oky IZ Dipura.
“Saya ucapkan selamat bertugas bagi Danlanal baru dan terima kasih atas penghargaan setinggi-tingginya untuk pejabat lama karena telah memberikan banyak prestasi kerja,” kata Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni di Banjarmasin, Selasa.
Dikatakan, upacara serah terima jabatan Danlanal Banjarmasin dilaksanakan di halaman eks Kantor Gubernur Kalsel di Jalan Jenderal Sudirman Banjarmasin.
Ferial dalam sambutannya menekankan pentingnya peran Pangkalan untuk mendukung kerja satuan TNI AL.
“Wilayah kerja Lanal Banjarmasin  yang termasuk di bawah komando
Lantamal XIII Tarakan adalah wilayah perairan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II cukup ramai jalurnya karena salah satu pintu masuk ke Pulau Kalimantan.
Jadi peran TNI AL sangat diharapkan menjaga stabilitas keamanan lautnya sekaligus membantu Pemda dalam pembangunan perekonomiannya
Sementara itu Letkol Laut (P) Wijayanto di Banjarmasin, yang pernah menjabat sebagai Komandan KRI Teluk Ratai 509 memohon dukungan semua pihak agar dia bisa melaksanakan tugas semaksimal mungkin.

     “Saya harus bisa mempertahankan prestasi yang telah dicapai senior saya Abang Oky, untuk itu mohon dukungan anggota dan semua pihak yang masuk wilayah kerja Lanal Banjarmasin,” kata alumni Akademi Angkatan Laut Angkatan 42 tahun 1996 itu.
Sedangkan Kolonel Laut (P) Oky IZ Dipura selanjutnya bertugas sebagai Perwira Pembantu Utama (Paban) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) di Surabaya.
Oky berharap jalinan silaturrahmi tak akan pernah putus kepada semua pihak yang telah banyak membantunya selama bertugas di Banjarmasin.
“Salut kepada prajurit Lanal Banjarmasin yang sangat kompak dan warga Banua Kalimantan Selatan dan juga Kalimantan Tengah yang ramah-ramah,” tutur Oky yang berdinas selama satu tahun tujuh bulan di Lanal Banjarmasin.
Di sisi lain, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menginginkan adanya peningkatan level kekuatan TNI Angkatan Laut di daerah ini.
“Saya berharap Kalsel bisa segera memiliki Lantamal seiring meningkatkan arus pembangunan dan perekonomian daerah, apalagi ada potensi Kalsel ditunjuk sebagai calon ibu kota negara,” pungkas gubernur yang akrab disapa Paman Birin itu.(anjas)

Leave a Reply