Lima Calon Perseorangan Pilkada Langkat Gagal Verifikasi

     Langkat, Sumut, jurnalsumatra.com – Lima pasangan calon perseorangan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, yang telah memasukkan bukti dukungan ke Komisi Pemilihan Umum dinyatakan tak lulus verifikasi.
“Berdasarkan pleno yang dilakukan terdapat banyak kekurangan dukungan yang disampaikan kelima pasangan bakal calon bupati dari jalur perseorangan,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Langkat Agus Arifin, di Stabat, Sabtu.
Menurut Agus Arifin, KPU telah menggelar rapat pleno yang dihadiri pasangan calon perseorangan, serta seluruh panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panwaslih.
Dalam rapat pleno yang dilakukan itu, KPU membacakan hasil verifikasi faktual kartu tanda penduduk (KTP) elektronik masing-masing dari kecamatan.

Hasilnya setelah dibacakan tak satupun dari pasangan calon perseorangan ini yang lulus verifikasi faktual yang dilakukan.
Untuk pasangan Djohar Arifin Husin-Iskandar Sugito masih terdapat kekurangan dukungan sebanyak 21.593 KTP, pasangan Zamroni-Deni Nur Ilham masih kekurangan 36.754 KTP.
Demikian juga untuk pasangan calon perseorangan Abdul Aziz-Yatiman kekurangan dukungan sebanyak 35.487 KTP, pasangan Irham-Ahmad Zaid Nur terdapat kekurangan 34.548 KTP, dan pasangan Sulistianto-Hariansyah masih terdapat kekurangan 14.319 dukungan.
“Hasil rapat pleno yang dilakukan juga sudah ditandatangani masing-masing komisioner kemudian sudah diserahkan ke masing-masing pasangan calon perseorangan termasukpanwaslih Langkat,” katanya.
Namun sesuai dengan Peraturan KPU, jika masing-masing pasangan calon masih tetap berkeinginan maju, kekurangan tersebut harus dilengkapi dengan syarat menyerahkan bukti dukungan dua kali lipat dari jumlah kekurangan.
Sedangkan masa perbaikan dukungan tersebut akan berlangsung pada  8-12 Januari 2018 mendatang.(anjas)

Leave a Reply