LIPI Luncurkan Buku “Gender Dalam Iptek”

     Jakarta, jurnalsumatra.com – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meluncurkan buku “Gender dalam Ilmu Pengetahuan: Perkembangan, Kebijakan, dan Tantangannya di Indonesia” yang merupakan hasil penelitian, kajian, maupun pengalaman para peneliti dan pemerhati gender dari LIPI dan pemangku kepentingan terkait.
“Persoalan bias gender perlu dikikis dari waktu ke waktu. Perempuan telah memberikan kontribusi signifikan dalam perkembangan iptek dewasa ini,” kata Kepala Pusat Penelitian Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Pappiptek) LIPI Trina Fizzanty dalam peluncuran buku itu di Jakarta, Jumat.
Trina mengatakan kontribusi perempuan dalam ilmu pengetahuan salah satunya tertuang dalam buku yang diluncurkan tersebut.
Buku tersebut berisi 14 tulisan tentang isu gender dan ilmu pengetahuan dan teknologi yang aktual dan merupakan hasil penelitian, kajian dan pengalaman peneliti, pemerhati gender dan ilmu pengetahuan dan teknologi dan pakar gender dari LIPI, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Indonesia.

“Tujuan dari penerbitan buku ini untuk membantu para pemangku kepentingan dalam melakukan upaya pengarusutamaan gender dalam ilmu pengetahuan dan teknologi,” tuturnya.
Buku tersebut dapat memberikan perspektif menyeluruh tentang gender dan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi para peneliti, pengambil keputusan, dosen, mahasiswa, media, pakar, dan pemerhati gender dan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Stigma bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi hanya menjadi dominasi bagi laki-laki sudah mulai memudar karena sudah banyak peran perempuan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Namun, peran tersebut berpeluang tidak muncul ke permukaan karena ada perbedaan sudut pandang menurut sosial budaya sehingga akhirnya menimbulkan persoalan, terutama bias gender.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 3 =