Liwa Fair 2019 Dibuka Gubernur Lampung

Bandarlampung, jurnalsumatra.com – Liwa Fair 2019, ajang untuk memeriahkan HUT Ke-28 Kabupaten Lampung Barat dibuka secara resmi  oleh Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi di Kawasan Sekuting Terpadu, Lampung Barat, Senin,

  Pembukaan ditandai dengan pemukulan Gamelan oleh Gubernur, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, Wakil Bupati Lampung Barat Mad Hasnurin, Wakapolda Lampung Brigjen Pol Sudarsono dan Anggota DPR RI terpilih Mukhlis Basri.

  Liwa Fair 2019 ini  digelar pada  23-28 September 2019 dengan berbagai rangkaian kegiatan.  Terlihat antusiasme warga yang turut memeriahkan gelaran tahunan di Kabupaten Lampung Barat ini.

  “Liwa Fair ini sebagai wahana untuk melakukan promosi daerah yang sangat efektif  dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan pembangunan di berbagai bidang,” ujar Gubernur Arinal.

  Pada kesempatan itu, Arinal menyempatkan untuk mengunjungi berbagai stan yang ada di Liwa Fair 2019 termasuk stan dari sejumlah kecamatan di Lampung Barat dan juga stand organisasi perangkat daerah.

  Menurut Arinal, berbagai produk yang ditampilkan, nantinya bisa dipromosikan dan dikembangkan untuk mendukung rest area jalan tol yang kini sudah masuk di Lampung.

  Tema “Indonesia Negeriku Lampung Barat Kopiku”, menurut Arinal, dimaksudkan bahwa melalui promosi produk unggulan dapat mewujudkan Lampung Barat Hebat dan Sejahtera.

  “Saya berharap, kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Mengingat, dampaknya sangat besar bagi kemajuan Kabupaten Lampung Barat dan Provinsi Lampung,” katanya.

  Apalagi, Provinsi Lampung memiliki banyak objek wisata, baik wisata alam maupun wisata bahari yang juga bisa dipromosikan melalui ajang semacam ini.

   “Dengan berbagai potensi dan keunggulan yang dimiliki, seperti pariwisata, perkebunan dan sektor penunjang lainnya Insyaallah Kabupaten Lampung Barat dapat semakin maju,” katanya.

  Sementara itu, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Arinal yang menyempatkan hadir di Liwa Fair 2019.

  Gubernur Arinal  menjadi Gubernur pertama yang menghadiri penyelenggaraan Liwa Fair sejak digelar pada 2008.

  Parosil mengatakan penyelenggaraan Liwa Fair ini sebagai media untuk melakukan promosi  Kabupaten Lampung Barat.

  “Kegiatan ini sebagai rangkaian rasa syukur cinta kita terhadap kemajuan yang ada di Lampung Barat. Kami ingin berbuat yang terbaik untuk masyarakat Lampung Barat,” katanya.

  Pameran pembangunan dan hiburan rakyat yang digelar meliputi malam pembukaan, lomba nyambai kategori pelajar, lomba nyambai kategori umum, lomba musik gambus, lomba mewarnai dan lomba fashion show  tingkat PAUD/TK, lomba solo song untuk pelajar dan umum, pameran foto dan talkshow tentang seni.

  Kegiatan lainnya yakni peringatan Hari Kopi Internasional meliputi pameran kopi Lambar, lomba uji cita rasa, lomba seduh kopi, seminar kopi dan talkshow tentang kopi.

  Selanjutnya, digelar pula peringatan Hari Badak Internasional meliputi lomba jelajah alam di Kebun Raya Liwa.

  Lalu diakhiri dengan malam penutupan Liwa Fair pada 28 September 2019 dengan agenda pengumuman dan pembagian hadiah, sajian jajanan rakyat dan hiburan rakyat.(anjas)