LLDikti-X Arahkan Dosen Laksanakan AA Dan Pekerti

     Padang, jurnalsumatra.com – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah X mengarahkan dosen di kampus swasta melaksanakan pelatihan Applied Approach (AA) dan Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) guna meningkatkan kualitas.
“Khususnya dalam pengajaran, dosen harus secara profesional meningkatkan kualitas pendidikan tinggi itu sendiri,” kata Kepala LLDikti X Prof Herri di Padang, Senin.
Menurutnya pelatihan AA dan Pekerti menjadi cara profesional pengajar untuk menjadi lebih baik kualitasnya dalam mengajar.
Bahkan sebaiknya bila dosen sebelum melaksanakan pengajaran sudah lulus AA dan Pekerti.
Selain memperoleh kompetensi yang diakui dengan AA dan Pekerti juga dosen dapat menambah wawasan tentang kondisi dan perkembangan dunia pendidikan tinggi.

Khususnya dalam menciptakan sumber daya manusia yang berdaya saing dan kreatif.
Peran dosen dalam menjadikan mahasiswa lulus secara berdaya saing menjadi mendesak karena capaian partisipasi pendidikan tinggi di dunia kerja masih rendah.
Saat ini kata dia, baru 7,2 persen tenaga kerja yang berkualifikasi pendidikan tinggi, bahkan ini masih jauh dari kualifikasi pendidikan menengah sebesar 22,4 persen dari keseluruhan 140 juta tenaga kerja di Indonesia.
Hanyas saja dari 7,2 persen tersebut, sebagian tenaga kerja memiliki kompetensi bidang tertentu dan sebagian lagi secara kemampuan umum.
Tentu dengan dosen yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan metode pengajaran sekaligus membina tri dharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
Lulusan yang dihasilkan baik strata satu, dua dan doktor akan lebih berkualitas.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 15 =