Lomba Menulis Kreatif Motivasi Siswa Gemar Menulis Dan Membaca

Jambi, jurnalsumatra.com – Kantor Bahasa Jambi melaksanakan lomba menulis kreatif dalam rangka gerakan literasi nasional dan sebagai upaya memotivasi siswa untuk gemar membaca dan menulis.

  “Lomba menulis kreatif merupakan gerakan literasi nasional yang diadakan Kantor Bahasa Jambi,” kata Ketua Panitia Pelaksana Lomba Menulis Kreatif Kantor Bahasa Sarwono di Jambi, Senin.

  Dengan dilaksanakannya lomba tersebut, diharapkan dapat mengasah kemampuan siswa dalam menulis, mengingat saat ini budaya menulis di kalangan pelajar sudah mulai menurun, serta diharapkan dapat memotivasi pelajar lainnya untuk gemar membaca dan menulis.

  Selain meningkatkan kemampuan, yang lebih utama adalah meningkatkan minat baca dan menulis di kalangan pelajar, dimana lomba tersebut dilaksanakan untuk siswa SD, SMP dan SMA sederajat. Lomba tersebut dilaksanakan di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Jambi dengan peserta mencapai sekitar 2.000 orang.

  “Untuk hari ini saja ada 453 peserta yang mengikuti lomba menulis kreatif, jika dengan peserta di kabupaten yang telah dilaksanakan peserta lomba menulis kreatif mencapai seribu delapan ratusan peserta,” kata Sarwono.

  Menurut Sarwono banyak hal yang menyebabkan minat membaca dan menulis di kalangan pelajar menurun. Salah satu faktor yang memiliki pengaruh yang cukup besar yaitu perkembangan teknologi, yakni smart phone atau gadget. Lomba tersebut juga diharapkan dapat mengembalikan minat dan budaya membaca dan menulis, khususnya di kalangan pelajar.

Lomba tersebut dilaksanakan di Gedung Putih Kota Jambi. Tema lomba menulis kreatif tersebut dibebaskan oleh panitia. Peserta dapat membuat sebuah karya tulis dengan tema apa saja, namun karya tulis yang dihasilkan harus sesuai dengan kaidah-kaidah dalam karya tulis.(anjas)