MABA IAIN Batusangkar Ikuti PBAK

Sumbar, jurnalsumatra.com – Sebanyak 1.878 Calon Mahasiswa IAIN Batusangkar, Ikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Batusangkar tahun 2019, di Kampus I IAIN Batusangkar, Senin, (19/08-2019).

Dari 1.878 calon mahasiswa terbagi empat Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) berjumlah 1.114 orang,  Fakuktas Syariah 378 orang,  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 768 Orang dan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah 378 orang.  

PBAK dibuka langsung oleh Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA dengan tema “Membangun Generasi Islam Milenial yang Kreatif, Berkarakter serta Berakhlaqul Karimah”.

Kasmuri mengatakan PBAK kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru. Sebagai titik awal untuk mengawali perkuliahan di kampus yang berbasis Akreditasi ini.

“Sangat berbahagia saudara menentukan pilihannya dalam menetapkan dan menentukan pendidikannya, karna saat ini IAIN Batusangkar memiliki jurusan Terakreditasi “A” terbanyak dibandingkan dengan kampus dibawah kementerian agama di Sumatera Barat”ucap kasmuri.

Dengan itu saya sampaikan kepada seluruh mahasiswa baru (MABA) yang hadir, saat ini ikutilah dengan serius dan fokus, agar memahami dan mengerti dengan kampusnya sendiri. Serta memahami apa saja yang harus dilakukan untuk bisa mengikuti perkuliahan dengan baik dan tamat pada waktunya.”tutur Kasmuri.

Bupati Tanah Datar yang di wakili kepada dinas Pendidikan dan kebudayaan, menyampaikan kepada seluruh mahasiswa baru, harus komitmen dengan diri sendiri, kita kuliah ini dalam meningkatkan iman dan taqwa kapasitas diri untuk menuntut ilmu di kampus IAIN Batusangkar. 

Riswandi menegaskan kepada mahasiswa baru empat prinsip dalam menuntut ilmu dengan baik, pertama bangun karakter diri, dengan itu utamakan kejujuran, tanggung jawab dan disiplin dalam menjalankan kehidupan. Kedua tingkatkan potensi diri dengan akan melahirkan sarjana-sarjana masa depan yang unggul, ke tiga siaplah menjadi generasi yang handal bagi bangsa dan negara, terkhusus bagi daerahmu masing-masing.”tutur riswandi”.

Sementara itu Kabag Akademik “Yarman” mengatakan, PBAK tahun ini berlangsung selama 4 hari, mulai hari senin 19 akan berakhir kamis 21 Agustus 2019, yang terpusat di dua tempat, yakni Fakultas TIK dan Fakultas Syariah di kampus I dan Fakultas EBI dan Fakultas UAD di kampus II.

ketua DEMA IAIN Batusangkar, menyampaikan kepada seluruh Mahasiswa Baru tahun 2019 jadikan Peran Mahasiswa Sebagai Agen of Change.

Hadir dalam acara pembukaan BPAK IAIN Batusangkar, Wakil Rektor I, II, III. Dekan, Direktur, Wakil Dekan, Wakil Direktur Pascasarjana, Kabbag, Kasubbag, ketua lembaga, Jurusan dan karyawan IAIN Batusangkar, serta Kamenag tanah datar, Forkopinca lima kaum dan Wali Nagari Se Kec. lima kaum.(Myt )