Madrasah Unggulan Prioritaskan Penghapal Al-Quran

Palembang, jurnalsumatra.com – Siswa yang memiliki prestasi sebagai penghapal Al Quran (hafiz/hafizah) menjadi prioritas untuk diterima di madrasah unggulan. Mereka bisa masuk madrasah unggulan melalui jalur prestasi.

Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumsel, Kushrin mengatakan, madrasah unggulan adalah madrasah yang memiliki keunggulan dari lainnya. Misalnya dari segi guru, sarana dan prasarana serta siswa.”Madrasah unggulan di Palembang adalah MAN 3, MTS 2 dan MIN 2,” ujarnya.

Dia menjelaskan, penerimaan siswa di madrasah unggulan di bagi menjadi dua jalur yakni jalur prestasi dan tes.”Untuk jalur prestasi atau tanpa tes diutamakan bagi siswa penghapal Al Quran (hafiz/hafizah). Untuk masuk MI melalui jalur prestasi harus hapal 1 juz, MTS yakni 2 juz dan MA harus hapal 3 juz,” beber Kushrin.

Ketika disinggung kuota siswa, Kushrin mengungkapkan, kuotanya disesuaikan dengan ruang kelas belajar serta guru. “Untuk kuota tergantung madrasah. Karena sudah otonomi, madrasah akan berkoordinasi dengan komite. Jadi tergantung dengan kemampuan madrasah,” pungkasya. (Yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + eighteen =