Mahasiswa Bandung Donasi Buku Untuk Warga NTT

     Bandung, jurnalsumatra.com – Keluarga Mahasiswa Nusa Tenggara Timur (NTT) di Bandung dengan remaja Bandung lainnya menggagas gerakan donasi buku untuk dikirimkan kepada masyarakat di Provinsi NTT.
Salah seorang pengagas gerakan tersebut Wiwin Fitriyani, di Bandung, Senin, mengatakan gerakan donasi buku untuk warga NTT tersebut dimulai sejak bulan Desember 2017.
“Seluruh buku hasil donasi nantinya akan dikirimkan sebulan sekali tepatnya setiap tanggal 17. Hingga saat ini, donasi buku yang terkumpul sekitar 600 buku berbagai judul. Pengiriman pertama akan dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2018,” kata Wiwin.
Anggota gerakan tersebut, kata dia, terbagi menjadi dua tim yakni satu tim fokus untuk mengurus orang-orang yang ingin mendonasikan buku di Bandung, dan satu tim lagi tinggal di NTT untuk menerima buku hasil donasi serta membagikannya dan mengajarkan anak-anak di NTT.

Menurut Wiwin, gerakan donasi buku tersebut digagas saat dirinya hendak berlibur ke Provinsi NTT.
“Awalnya sih aku ke sana cuma mau liburan, tapi setelah ngelihat langsung jadi ingin ngasih semacam literasi gitu untuk masyarakat di NTT,” kata Wiwin lagi.
Ia menuturkan, masih banyak warga di daerah-daerah terpencil yang  kesulitan untuk mendapatkan akses pendidikan seperti buku.
“Memang di sana itu sudah lumayan banyak sekolah, cuma ada daerah yang sempet saya kunjungi dan emang masih kurang banget pendidikannya,” ujar dia.
Setiap bulannya, pada tanggal 17 akan dikirimkan buku-buku hasil donasi ke NTT, dan rencananya Wiwin kan pergi ke sana untuk membantu memberikan edukasi kepada warga di sana.(anjas)

Leave a Reply