Mahasiswa Bengkalis Raih Penghargaan Kompetisi Nasional Pengelasan

     Bengkalis, jurnalsumatra.com – Mahasiswa Program Studi Teknik Pengelasan Akademi  Komunitas Negeri (AKN) Bengkalis, Provinsi Riau berhasil meraih prestasi di “National Welding Competition” (NWC) yaitu komptesi las tingkat nasional di Politeknik Negeri Medan.
“Alhamdulillah, mahasiswa kita  berhasil meraih prestasi pada ajang NWC di Welding Training Center Politeknik Negeri Medan 6-9 Agustus 2018 dengan menyabet terbaik III dan V kategori Pipa GTAW 1 G,” ujar Ketua AKN Bengkalis Alfansuri di Bengkalis, Sabtu.
Dikatakannya, pada NWC ini diperlombakan tujuh kategori. Empat kategori di ikuti mahasiswa AKN untuk jenis Plate GMAW 3G, Plate GMAW 2 G, Pipa GTAW 1 G, Plate GTAW 1 G.
“NWC 2018 diikuti 26 Perguruan Tinggi. AKN Bengkalis satu-satunya perwakilan dari Akademi Komunitas Indonesia, sementara dari Riau Politeknik Caltex Riau (PCR) Pekanbaru,” terang Alfansuri.

Secara keseluruhan, kata Alfansuri 10 dari 11 mahasiswa AKN Bengkalis yang berkompetisi mampu masuk di 10 besar dari tujuh kategori yang dikompetisikan.
“Apa yang diraih mahasiswa AKN Bengkalis pada ajang NWC ini, tentu harus menjadi sebuah sebuah kebanggaan bagi seluruh lapisan masyarakat di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini,” kata Alfansuri.
Ditambahkannya, dengan prestasi ini dibandingkan dengan keberadaan AKN yang baru berumur setahun jagung, sudah bisa disejajarkan Perguruan Tinggi Politeknik besar di Indonesia.
“Untuk kategori Pipa GTAW 1 G ada enam pemenang di antaranya, Politeknik Negeri Cilacap, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, AKN Bengkalis, Politeknik Negeri Lhoksemawe, AKN Bengkalis, dan Politeknik Negeri Medan,” jelasnya lagi
Ditambahkannya, Pengertian Pengelasan GTAW (Gas Tungsten Arc Welding) adalah sebuah proses pengelasan busur listrik yang menggunakan elektroda tak terumpan atau tidak ikut mencair.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 19 =