Mahasiswa UAD Dapat Penghargaan dalam Konferensi Internasional


Songkhla  , jurnalsumatra.com – Didampingi Ketua Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Dr. Suparman, M.Si, DEA, sebanyak 14 orang mahasiswa Program Sudi (Prodi) Magister Pendidikan Matematika (MPMat) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengikuti Program Academic Student Mobility ke Singapura, Thailand, dan Malaysia.

Kegiatan yang diawali pada 15 Februari 2019 dan akan berakhir pada 20 Februari 2019, juga didampingi Sekretaris Program Studi Anggit Prabowo, M.Pd dan Dwi Astuti, M.Pd (Humas Prodi).

Seperti disampaikan Dr. Suparman, M.Si, DEA, rombongan setelah dilepas Dr Dwi Sulisworo, MT selaku Wakil Direktur Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada Kamis, 14 Februari 2019 di  Kampus 2 Jl Pramuka, Sidikan, Yogyakarta, tiba di International Changi Airport Singapura pada Jum’at, 15 Februari 2019. 

Menurut Dr Dwi Sulisworo, MT program ini sangat bagus untuk mahasiswa dalam melakukan presentasi dan publikasi artikel tingkat internasional.

Selain membangun networking, mahasiswa yang presentasi di tingkat internasional diharapkan kepercayaan diri lebih tinggi.

Program untuk kali ketiga ini sebagai bentuk student mobility dan city tour. “Selama di Singapura rombongan melakukan city tour dan selanjutnya dari Singapura rombongan bertolak menuju Thailand,” kata Dr. Suparman, M.Si, DEA, yang menambahkan mahasiswa bisa belajar keberhasilan dari tiga negara itu agar memiliki wawasan internasional.

Selama di Thailand, dijelaskan Dr. Suparman, M.Si, DEA, mereka mengikuti International Conference dengan tema “Education and Learning in a Changing World” di Thaksin University yang dibuka oleh Vice President for Songkhla Campus of Thaksin University, Prof. Phaiboon Dhaungchand.

Dalam sambutannya, Prof. Phaiboon Dhaungchand mengucapkan terima kasih kepada seluruh instansi mitra kerjasama. Khususnya kepada UAD Yogyakarta yang telah mengirimkan pemakalah terbanyak. 

Dalam seminar internasional tersebut, menurut Dr. Suparman, M.Si, DEA, seluruh mahasiswa MPMat UAD Yogyakarta mempresentasikan paper yang merupakan bagian dari tesis mereka. 

Tujuh paper mahasiswa MPMat UAD mendapat penghargaan, di antaranya dua paper sebagai excellent paper atas nama Ina Riyati dan Sisi Pitriyana. Selain itu, empat paper sebagai good paper atas nama Noor Aini, Balu Hidayati, Bustanika Luthfi Harisna, dan Syah Fathi Azzatia.

Setelah mengikuti seminar internasional, rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia untuk mengikuti kegiatan Joint Workhshop between UAD and UPSI dengan tema “Scientific Papers  Writing Skill”. 

“Melalui workshop ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa MPMat UAD dalam menulis karya ilmiah internasional bereputasi,” papar Dr. Suparman, M.Si, DEA.

Dijelaskan Dr. Suparman, M.Si, DEA, academic student mobility ini merupakan salah satu program unggulan program studi MPMAT UAD Yogyakarta. “Program ini adalah salah satu upaya mewujudkan visi prodi, yaitu menjadi program studi yang berwawasan global dan menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri,” pungkas Dr. Suparman, M.Si, DEA.(Affan)

Leave a Reply