Mahasiswa UAD Raih Juara di Malaysia

Yogyakarta, jurnalsumatra.com –  Siti Muflikhah Uswanas, mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, meraih juara 2 lomba “Arabic Speech” (pidato bahasa Arab) dan juara 3 diraih oleh Alfi Rahmi Yasmen untuk lomba story telling bahasa Arab dalam kegiatan International Modern Language Competition yang diadakan Universiti Teknologi Mata (UiTM), Shah Alam, Malaysia, pada 29 Oktober 2019 sampai 2 November 2019.

Dalam olimpiade bahasa modern (modern language olympiad) tahun 2019, UAD Yogyakarta mengirimkan 3 delegasi untuk ikuti lomba: English Speech, Arabic Speech dan Arabic Story Telling.

Modern Language Olympiad (MLO) ini merupakan lomba bahasa tingkat internasional, yang kali pertama diadakan Akademi Pengajian Bahasa (APB) Universiti Teknologi MARA (UiTM).

Pada kompetensi bergengsi bertemakan “merayakan pemuda, bahasa dan budaya” kali ini, tiga orang mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab UAD: Muhammad Ichlasul Amal Rifai, Siti Muflikhah Uswanas dan Alfi Rahmi Yasmen, meraih juara.

Pada kesempatan itu, Muhammad Ichlasul Amal Rifai masuk sampai preliminary 2. 

“Ini perlombaan yang sangat berat dan penuh tantangan,” ungkap Dr Yoyo Bin Ardi Thahir, Sabtu (2/11/2019).

Dalam kompetisi bahasa pertama yang diselenggarakan Akademi Pengajian Bahasa (APB) itu diikuti mahasiswa semua tingkatan dari negara-negara ASEAN.

Bagi Dr Yoyo Bin Ardi Thahir selaku Kaprodi BSA dan pembimbing, mahasiswanya harus bertandang di luar dengan juri lomba yang sangat ketat.

“Perolehan juara ini merupakan perolehan lomba internasional yang pernah diraih Siti Muflikhah karena sebelumnya pada Desember 2018 pernah meraih juara dua dalam lomba essai bahasa Arab yang diadakan Koleje Universiti Islam Selangor Malaysia,” papar Yoyo bin Ardi Tahir.

Menurut Yoyo, capaian itu cukup membuktikan bahwa mahasiswa Prodi BSA UAD Yogyakarta mampu bersaing pada perlombaan internasional di luar negeri.

Melalui kegiatan yang diikuti itu, Prodi BSA UAD Yogyakarta ingin menjadi yang lebih baik dari peserta lainnya. “Dan kami sangat mengapresiasi mahasiswa yang telah mengikuti lomba itu,” kata Yoyo. (Affan)