Makassar “Blackout” Karena Transmisi Tello-Sungguminasa Disambar Petir

    Makassar, jurnalsumatra.com – Blackout (pemadaman listrik) kembali terjadi di wilayah Makassar dan sekitarnya pada Selasa pukul 23.45 WITA hingga Rabu dini hari akibat transmisi PLN Tello-Sungguminasa I terkena sambaran petir saat hujan lebat.

“Kami memohon maaf atas ganguan ini, mohon doa dan dukungannya masyarakat agar kejadian itu tidak terulang,” sebut GM PT PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar, Bob Saril melalui siaran persnya, Rabu.

Akibat dari kejadian itu, aliran listrik terputus diseluruh kota dan meluas ke Kabupaten Maros, Pangkep dan sekitarnya Gowa hingga Takalar pada malam tadi.

Diketahui, PLN wilayah Sulselrabar mengalami gangguan pada ruas transmisi Tello – Sungguminasa I mengakibatkan arus listrik terhenti mengakibatkan pemadaman meluas di sistem kelistrikan Sulawesi bagian Selatan (Sulbagsel).

Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 23.45 WITA Selasa (12/12), hujan disertai angin kencang dengan membawa petir menghantam dua transmisi tersebut.

Akibat dari peristiwa itu, tim teknis PLN, memperbaiki sistem kelistrikan di Sulbagsel untuk dipulihkan secara bertahap. Sistem kelistrikan akhirnya  berhasil dinormalkan sepenuhnya pada Rabu, pukul 03.38 WITA.

Bob menambahkan, sampai saat ini, petugas teknis PLN masih terus mengupayakan perbaikan dengan melakukan pengecekan ruas transmisi Tello -Sungguminasa I yang terkena sambaran petir tadi.

“Sampai sekarang tim masih melakukan pengecekan dan perbaikan sistem pada ruas transmisi Tello-Sungguminasa I, namun aliran listrik mulai stabil,” katanya.

Hingga kini, pihaknya masih berupaya melakukan pengecekan sistem kelistrikan transmisi Sulbagsel dengan daya mencapai 1.250 Mega Watt (MW) sementara beben puncak 1.050 WM.

Untuk daerah yang mengalami Blackout atau pemadaman meluas mulai Kota Makassar, Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Gowa, Takalar dan sekitarnya.

Sementara daerah kabupaten lainnya sistem kelistrikan di luar daerah Blackout  tersebut tidak terkena dampak gangguan meluas karena berada di bawah sub sistem Bakaru-Sengkang.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − nine =