Masa Jabatan KPU Tanjungpinang Diperpanjang

    Tanjungpinang, jurnalsumatra.com – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) memberi sinyal akan memperpanjang masa jabatan KPU Kota Tanjungpinang berakhir pada 26 Juni 2018 atau sehari sebelum pemungutan suara.
Kepala Biro Hukum KPU RI, Joyo, saat kunjungan kerja di KPU Tanjungpinang, Jumat mengatakan perpanjangan masa jabatan KPU Tanjungpinang untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terutama dalam penyelenggaraan pilkada.
“Kalau kita kembalikan ke undang-undang harus berhenti, tetapi Anda bisa bayangkan, tidak mungkin orang baru otaknya bisa dengan pintar melaksanakan proses (tahapan pilkada) yang sudah ada,” katanya kepada sejumlah wartawan.
Lima anggota KPU Tanjungpinang yang dilantik pada 26 Juni 2013 yakni Robby Patria, M Yusuf Mahidin, Zulkifli Riawan, Dewi Haryanti dan M Djuhari. Saat ini Robby Patria menjabat sebagai Ketua KPU Tanjungpinang.
Terkait berakhirnya masa jabatan KPU Tanjungpinang pada 26 Juni 2018, Joyo khawatir Pilkada Tanjungpinang 2018 bermasalah jika lima komisionernya diganti. Karena itu, KPU RI akan mengambil langkah-langkah agar tahapan pilkada berjalan lancar, sesuai harapan masyarakat dan negara.
“Bisa dibayangkan jika (komisionernya) diganti, tidak akan mungkin orang yang baru yang akan meneruskan proses selanjutnya, apalagi kalau sampai ke Mahkamah Konstitusi,” ucapnya.

    Joyo mengemukakan masa jabatan KPU Tanjungpinang akan diperpanjang 3-4 bulan, terhitung sejak masa jabatannya berakhir. Perpanjangan masa jabatan dilakukan untuk menyukseskan tahapan pemungutan, penghitungan rekapitulasi suara, hingga penetapan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih.
“Perpanjangan sampai pelaksanaan rekapitulasi hasil Pemilukada Kota Tanjungpinang selesai,” ujarnya.
KPU RI baru-baru ini mengumumkan perekrutan tim seleksi Anggota KPU kabupaten dan kota, termasuk yang berada di Kepri. Dalam pengumuman tersebut juga ditegaskan tim seleksi akan menyeleksi calon anggota KPU Tanjungpinang, selain Natuna, Kepulauan Anambas, Lingga, Karimun, Bintan dan Batam.
Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria mengatakan pihaknya akan melaksanakan tugas sesuai dengan amanah yang diberikan. Jika diperintahkan KPU RI untuk melaksanakan Pilkada Tanjungpinang 2018, maka dipatuhi dan dilaksanakan secara maksimal.
Sebelumnya Ketua KPU Tanjungpinang Said Sirajudin, di Tanjungpinang, Kamis, mengatakan berdasarkan UU Nomor 17 Tahun 2017, masa jabatan KPU Tanjungpinang berakhir 26 Juni 2018.
“Apakah ada kebijakan khusus dari KPU terkait persoalan itu karena berhubungan dengan kesuksesan pilkada serentak, Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden? Kami masih menunggu kebijakan dari KPU RI,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =