Massa KAMMI bawa karangan bunga untuk KPU

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Aksi protes dan unjuk rasa terhadap pemilihan kepala daerah (Pilkada)di Kabupaten Lahat pada 27 Juni 2018 lalu, yang diduga penuh dengan kecurangan terus berlanjut.

Kali ini giliran massa yang menamakan dirinya dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Lahat, Jum’at (29/6/2018)kemarin menyambangi¬† kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lahat.

Massa yang berjumlah puluhan ini, menyuarakan Aksi dukungan terhadap Polres Lahat, untuk dapat mengusut dugaan praktek Money Politik yang dilakukan oleh salah satu pasangan calon (Paslon) yang kedapatan secara sah memberikan uang kepada masyarakat.

Menariknya, masa yang hanya berjumlah sekitar sepuluh orang itu, hadir sambil membawa karangan bunga Duka Cita untuk Ketua KPU Lahat, Samsurizal Nusir. Dengan tulisan, “Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Demokrasi di Lahat”.

Seakan mengisyaratkan keprihatinan atas aksi persekusi yang terjadi, imbas dari lambatnya penegakan hukum terhadap dugaan Money Politic.

“Tindakan persekusi ini, jadi gejala awal konflik sosial di Lahat. Apabila aparat Kepolisian, KPUD, Panwaslu tidak bertindak tegas, akan lebih banyak masyarakat yang merasa ketakutan,” tegas Koordinator Aksi, Amir Hamzah didampingi, Edo Hendra Kusuma, Jumat (29/6/2018), sekitar pukul 10.45 WIB, saat menyampaikan suaranya dikantor KPU Lahat.

Bahkan, ketika aksi berlangsung massa yang ingin bertemu dengan Ketua KPU Lahat ini, sempat melakukan aksi tutup mulut dan duduk di tengah jalan.

Dikarenakan Ketua KPU Lahat tak munculkan batang hidungnya, massa KAMMI sempat berusaha menerobos gerbang Kantor KPUD Lahat, hingga terjadi perdebatan antara massa dengan pihak Kepolisian. Aksi berhenti setelah Ketua KPU Lahat menemui massa.

“Terima kasih sudah mengingatkan. Apa yang dituntut ini, masih ranahnya Panwaslu Lahat. Tapi bukan berarti KPUD tidak peduli, kita akan terus berkoordinasi dengan KPUD Sumsel,” tegas Samsurizal Nusir saat menemui para pendemo, kemarin. (Din)

Leave a Reply