Masyarakat 3 Nagari Lakukan Pemancangan Tapal Batas

TanahDatar, Sumbar, Jurnalsumatra.com – Kegiatan pemasangan pancang (Patok) batas ketiga Nagari yaitu Nagari Batipuh Baru, Nagari Bungo Tanjung dan Nagari Malalo Tigo Jurai. Pada Kamis (05/12/2019) pukul 12.00 wib bertempat di Jorong Kapuah batas tiga Nagari Batipuh Baru, Malalo tigo jurai dan Bungo Tanjung Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. 

Hadir pada kegiatan tersebut.

1. Wali Nagari Batipuh Baru

2. Wali Nagari Bungo Tanjung

3. Wali Nagari Malalo Tigo Jurai.

4. Wali Jorong tiap-tiap Nagari

5. Tokoh Adat ketiga Nagari

6. Tokoh masyarakat ketiga Nagari

7. Ketua KAN ketiga Nagari

8. Ketua BPRN ketiga Nagari.

9. Ninik mamak ketiga Nagari

10. Tim dari ketiga Nagari tersebut.

11. Babinsa koramil 08/Batipuh Serda Munte.

12. ketua pemuda tiap-tiap Nagari.

13. Masyarakat ketiga Nagari

Adapun penyampaian perwakilan dari tiap-tiap Nagari.

Malalo tigo jurai :

Pertemuan kita saat ini bukan mendadak saja, tapi pertemuan seperti ini sudah beberapa kali dan ini pertemuan yang kesekian kalinya. Pertemuan dan sudah tau batasnya dan kita sepakat untuk memancang batu sebagai tanda batas. Kami sangat mendukung dengan adanya kesepakatan kita ini.

Batipuh baru.:

Kami sangat setuju dan mendukung atas terlaksananya kegiatan pemancangan ini demi anak cucu kita kedepannya. Saat ini orang tua kita yang lebih tau tentang batas batas wilayah ketiga Nagari tersebut dan saat ini sudah ada di tengah kita.

Bungo Tanjung.:

Kami sangat bersyukur atas adanya titik temu dan kesepakatan bersama atas  penentuan tapal batas yang selama ini kurang jelas. Namun pada saat ini kita semua sepakat untuk memancang patok ini. Kami dari Bungo Tanjung sangat mendukung dan tidak ada permasalahan bagi kami.

Pukul 12.40 wib pemancangan di laksanakan secara bersama-sama oleh masyarakat ketiga Nagari dan di saksikan oleh Ninik mamak, tokoh masyarakat dan para orang-orang tua yang mengerti akan batas wilayah ketiga Nagari tersebut.

Selama kegiatan berlangsung berjalan tertib lancar dan aman.

Ditempat lain diadakan

Musyawarah terkait rencana Pemancangan Tapal Batas  Wilayah Malalo Tigo Jurai (Padang Laweh Malalo, Guguak Malalo) dan Nagari Bungo Tanjuang, pada hari Kamis tanggal 05 Desember 2019 jam 10.30 wib di aula Kantor Camat Batipuh Selatan. Giat dibuka Oleh Camat Batipuh Selatan Herru Rachman, Sstp, MM

Kegiatan dihadiri oleh Kabag POD Kabupaten Tanah Datar (Tim Penegasan Batas Di Wilayah Kabupaten Tanah Datar Drs. Herison) – Bapak Camat Batipuh Selatan Herru Rachman Sstp, MM – Camat Batipuh Arianto – Kanit Intel Batipuh Selatan Aipda Masrijal, SH – Kanit Intel Batipuh Indra – Walinagari Sumpur Ade Hendrico Dt.Saripado Ketek – Walinagari Padang Laweh Malalo Akhyari, – Walinagari Batu Taba Destriyanto, – Kasi PMD Kecamatan. Batsel Febriwandi S.Sos, – Walijorong Padang Laweh Malalo, 

– Walijorong Suduik, – Bhabinkamtibmas Nag. Bungo Tanjuang Ryan Five,- Ketua Tim Malalo Tigo Jurai Indrawan – Ketua BPRN Sumpur – .BPRN Nagari Padang Laweh Malalo – Masyarakat Nagari Sumpur, -.Nagari Padang Laweh.

Untuk tindak lanjut dan langkah2 yg akan diambil kedepan sbb:

1.) Permasalahan tapal batas menggacu kepada Permendagri No. 45 Tahun 2016 tentang pedoman tapal batas Desa. 

2.) Akan melaksanakan Bintek dg menghadirkan seluruh nagari yg  berbatasan langsung yg berada dalam kec. Batipuh dan kec. Batsel. 

3.) Akan melakukan sosialisasi kepada Nagari yg akan menyelesaikan tapal batas. 

4.) Masing-masing pihak diminta menahan diri dan menyelesaikan permasalahan tapal batas sesuai prosedur yg berlaku. 

Pukul 13.00 wib kegiatan musyawarah selesai, Selama kegiatan berlangsung berjalan tertib lancar dan aman.(Myt)