Masyarakat Bisa Awasi Kinerja dan Pelayanan Polisi

KAYUAGUNG, jurnalsumatra.com – Kepolisian Resor (Polres) Ogan Komering Ilir (OKI) mencanangkan zona integritas untuk menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Mapolres OKI, Senin (13/03).


Kapolres OKI, AKBP Donni Eka Syaputra menjelaskan, pencanangan zona integritas ini merupakan sebagian dari pengawasan terhadap kinerja Polres OKI. Pasalnya, dengan pencanangan zona integritas ini dapat lebih mengawasi kinerja dari Polri khususnya di Polres OKI dari dalam dan dari luar.


“Kita melaksanakan ini dengan harapan pelayanan akan lebih bagus. Warga juga berhak menuntut jika ada pelayanan yang kurang sesuai dan kami juga akan terus melaksanakan koordinasi jika ada anggota kami yang melakukan kegiatan di luar komitmen ketugasan dan ini dapat diinformasikan kepada kami,” kata AKBP Donni.


Menurutnya, di samping pengawasan internal pihaknya juga butuh pengawasan dan informasi dari luar sehingga pencanangan zona integritas ini perlu juga diketahui oleh khalayak.


“Saya mengimbau apa yang ditandatangani ini menjadi komitmen untuk bisa mempelopori dan menularkan kepada seluruh anggota sehingga ini tidak hanya formalitas semata. Sehingga kita mampu dinilai oleh masyarakat yang setiap hari berinteraksi dengan kita dan bisa merasakan dampak kehadiran kita,” tegasnya.


Sementara itu, Sekda OKI, H Husin menuturkan, korupsi adalah suatu kejahatan kemanusiaan dan membawa ketidakadilan, serta menjauhkan bangsa dari kemakmuran. “Untuk itu korupsi jadi musuh bersama. Melawan korupsi juga perlu keberanian diantaranya yaitu aksi pencegahan dan tindakan hukum yang tegas,” tuturnya.


“Selain itu, pencegahan juga tidak kalah penting dari penindakan. Karena sistem yang baik akan memperkecil peluang korupsi,” tandasnya. (lilis)