Masyarakat Dihimbau Tidak Buang Sembarangan Puntung Rokok

EmpatLawang, jurnalsumatra.com –  Sejak pukul 17.00 WIB pada Rabu (18/9/2019) , Lahan seluas tiga hektar terletak diwilayah Kota Tebing Tinggi Kabupaten Lawang, Provinsi Sumsel terjadi kebakaran hebat.

Api diduga berasal dari dua titik, di Desa Sungai Berau sekitar setengah hektar, dan sisanya dari Desa Tanjung Ning Kabupaten Empat Lawang.

Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Sungudi SH MSi menegaskan, api membesar dan membakar lahan kosong seluas 3 hektar tersebut sejak pukul 17.00 WIB di Desa Tanjung Ning Kecamatan Saling Kabupaten Empat Lawang.

“Api baru bisa dijinakkan pukul 21.00 WIB itupun masih ada api yang belum mati. Pemadaman dilakukan oleh Pemadam Kebakaran dengan satu unit mobil PMK dan dibantu personil TNI/POLRI dengan menggunakan alat seadanya,” kata Sungudi, Kamis (19/9/2019).

Dijelaskan Sungudi, ada dua titik api, yang pertama berasal dari sungai berau, lalu, dari Desa Tanjung Ning. Namun, anggota susah memadamkan api dikarenakan api berasal dari bagian dalam dan susah dijangkau personil peralatan seadanya.

“Dugaan sementara ini, api berasal dari sisa puntung rokok yang kemungkinan saat melintas dilokasi dibuang begitu saja. Tanpa memikirkan apa yang bakal terjadi,” ujarnya.

Dari peristiwa kebakaran ini, Dandim 0405 Lahat menyampaikan, diharapkan musim kemarau panjang yang melanda dihimbau agar seluruh masyarakat Empat Lawang agar tidak membuka lahan untuk berkebun dengan cara membakar.

“Kita juga berharap agar warga tidak sembarang membuang puntung rokok, terutama lingkungan sekitar yang kering akibat kemarau yang sangat mudah terbakar,” tuturnya.

Karena, dengan terjadi kebakaran ditegas Sungudi, dapat merusak alam dan menimbulkan asap yang sangat mengganggu kesehatan dan menimbulkan penyakit Ispa.

“Maka dari itu, marilah jaga lingkungan kita tetap Asri dan Sejuk sehingga kita dapat hidup sehat krn menghirup udara yang segar. Dan, kalau ada masyarakat sengaja membakar akan kita tangkap untuk diproses hukum sesuai hukum yg berlaku. Saya harap masyarakat ikut berperan dalam mencegah karhutla krn sangat mengganggu kesehatan hidup kita.!!.ayo cegah karhutla,” pesan Dandim 0405 Lahat. (Din)