Matu: Hari Buruh Momentum Harmonisasi Pekerja Pengusaha

    Manado, jurnalsumatra.com – Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sulawesi Utara (Sulut) Ivanry Matu mengatakan jadikan Hari Buruh tahun ini sebagai momentum harmonisasi antara pekerja dan pengusaha.
“Perayaan Hari Buruh agar dijadikan sebagai perekat hubungan yang baik antara tenaga kerja dan pengusaha, karena pekerja merupakan aset perusahaan,” kata Ivanry di Manado, Selasa.
Dia mengatakan ada banyak faktor menjadikan usaha itu berjalan lancar dan sukses, selain faktor bahan baku, penyuplai, mesin dan peralatan, juga faktor utama yang berperan adalah tenaga kerja, dan itu tidak bisa disangkal.
Mutu mengungkapkan, dirinya sebelum mempunyai usaha sendiri,  pernah jadi karyawan selama hampir lima tahun, karena itu kerja sebagai karyawan bukanlah kehinaan.
Ia mengatakan tetapi kebanggaannya karena karyawan adalah titik penting dalam siklus usaha, tanpa karyawan usaha tidak akan jalan.

“Dan, kini ketika saya memiliki usaha  juga memiliki karyawan, dan karena itu tahu bagaimana memperlakukan karyawan secara manusiawi,” kata Ivanry, bakal calon legislatif DPRD Provinsi Sulut dari Partai Demokrat untuk daerah Pemilihan kota Manado.
Pengusaha dan pekerja adalah dua komponen yang sangat dibutuhkan dalam proses usaha maka pengusaha dan pekerja bisa lebih dinamis dan harmonis.
Pekerja bisa menjalakan pekerjaannya dengan produktif,  sementara pengusaha bisa membuat konsep rencana masa dengan segala inovasinya.
Ketika kondisi sudah tenang dan nyaman, katanya, maka ekonomi lancar dan tentu dampaknya stabilitas negara juga maksimal.
Selain itu, katanya, harmonisasi pekerja dan pengusaha pada prinsipnya akan menjadi benteng bagi ekosistem dunia kerja negara.
Bulan Maret 2018 Presiden Joko Widodo sudah menandatangani Perpres RI Nomor 20 tahun 2018 tentang tenaga kerja asing.
“Kalau hal ini menjadi ancaman atau peluang tergantung dari sudut mana kita melihat hal tersebut. Tenaga kerja asing ataupun lokal Prinsipnya satu dan berselaras dalam komitmen dan pemikiran akan memberikan kontribusi dalam membangun ekonomi Indonesia,” katanya. Selamat hari buruh!,ungkap Ivanry yang juga pemiliki restoran RM Ocean 27 ini.(anjas)

Leave a Reply