Meminimalisir Kekerasan Perempuan dan Anak, Ini Dilakukan PPKBP3AD

INDRALAYA, jurnalsumatra.com- Untuk meminimalisir kekerasan perempuan dan anak Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Ogan Ilir lakukan Sosialisasi forum partisipasi publik untuk kesejahteraan perempuan dan anak (Puspa) berlangsung dikantor Dinas PPKBP3AD Pemda lama.

Kepala Dinas PPKBP3AD Drs Bustomi yang diwakili oleh Sekertaris Husni Dayati S.sos M.si mengatakan, tujuan dari pembentukan forum anak dan puspa untuk menjaga hak anak agar tidak mengalami kekerasan.

“Meningkatkan kapasitas lembaga masyarakat yang peduli dengan isu perempuan dan anak dengan membangun komunikasi dan mediasai kerjasama multipihak sektor bisnis pemerintah lembaga swadaya masyarakat dan media, untuk memperkuat jaringan forum komunikasi antar kabupaten/kota, kecamatan sampai desa dan kelurahan melalui forum anak dan Puspa,” Katanya, Jum’at (12/04/2019).

Ia menambahkan untuk mecegah kekerasan terhadap perempuan dan anak, di setiap desanya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui PPKBP3AD.

“Ya, kita terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat disetiap desanya diwilayah OI, untuk stop melakukan kekerasan perempuan dan anak, sekaligus dengan terbentuknya forum puspa dan anak bisa mecegah kekerasan tersebut,” Terangnya.

Sementara, Kepala Bidan Pemberdaya Perempuan dan Anak (PPA) Sumatra Selatan Dra. Poniyem mengatakan mayoritas kekerasan pada perempuan dan anak di akibat kekerasa dalam rumah tangga.

“Karena seringnya pelempiasan kekerasan yang dilakuka dalam rumah tangga khususnya pria yang menjadi sasaran itu istrinya yang menyebabkan seorang ibu sering meluapkan kekesalannya terhadap anaknya,” Ujarnya.

Dikatakannya faktor lainnya yang menyebabkan kekerasan terhadap anak yaitu kemiskinan.

“Karena faktor ekonomi ini yang sering menyebabkan kekerasan terhadap perempuan dan anak,dari laporan yang ada, selain itu juga yang menjadi kekerasa dari usia 18 sampai 35,” Jelasnya.

Ia menambahkan dengan adanya forum puspa dan anak bisa membantu dalam pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Khususnya melalui PPKBP3AD yang terus melakukan sosialisasi sampai ke desa-desa dalam memininalisir kekerasan terhadap perempuan dan anak,” Pungkasnya. (Edi)