Mendagri Ajak Seluruh Elemen Bangun Perspektif Perdamaian

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengajak seluruh elemen bangsa senantiasa membangun perspektif perdamaian terutama sepanjang pelaksanaan Pilkada serentak 2018 serta Pemilu Legistaltif dan Pemilu Presiden 2019.
“Pilkada Serentak 2018 memiliki tingkat kerawanan tinggi. Praktik politik identitas, ujaran kebencian dan politisasi SARA perlu diredam untuk mencegah terjadinya polarisasi masyarakat, dengan menerapkan konsep ‘peace building’, dan membangun perspektif perdamaian,” ujar Tjahjo dalam pesan singkat di Jakarta, Selasa.

Tjahjo mengingatkan agar politisi tidak menggunakan isu agama dan uang selama masa kampanye hingga hari pemungutan suara, untuk meminimalisasi maraknya penyebaran ujaran kebencian dan politik uang.
Dia menekankan sukses Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 harus didukung seluruh pemangku kepentingan demi sinergitas yang kuat dan berkesinambungan.
Menurutnya, diperlukan persamaan dan pemahaman persepsi diantara pemangku kepentingan Pemilu.
Tjahjo mengatakan kewajiban Pemerintah dalam mendukung pelaksanaaan Pilkada, Pilleg dan Pilpres adalah penyediaan data kependudukan, memfasilitasi kegiatan kampanye, membantu pendistribusian dan pengamanan perlengkapan pemungutan suara serta memberikan perlindungan hukum.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − fourteen =