Menkes Ingatkan Masyarakat Perhatikan Tumbuh Kembang Anak

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengingatkan masyarakat untuk memerhatikan tumbuh kembang anak dan memberikan pola asuh dengan aspek asuh, asih, dan asah.
Menkes Nila dalam sambutannya di acara seminar Hari Anak Nasional yang dibacakan oleh Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes Kirana Pritasari di Kantor Kementerian Kesehatan Jakarta, Selasa berpesan agar para orang tua memberikan perhatian pada tiga hal penting.
Yang pertama ialah memperhatikan pengukuran pertumbuhan berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala anak setiap bulan untuk memantau kondisi fisiknya. Pemantauan itu harus dicatat pada Buku Kesehatan Ibu Anak (KIA).
Selain itu juga perlu memerhatikan pengukuran perkembangan anak setiap tiga hingga enam bulan sekali sesuai pertumbuhan anak.
“Jangan sampai kita terlambat mengetahui anak mengalami gangguan tumbuh kembang. Anak usia 12 bulan sudah waktunya dia bisa berdiri dan belajar berjalan, kalau usia 12 bulan belum bisa, berati mengalami gangguan perkembangan. Memang kelihatannya sepele, tapi itu memengaruhi kemampuan kognitifnya,” kata Menkes.

Nila juga meminta kepada para orang tua untuk menerapkan pola asuh dengan memerhatikan aspek asuh, asih, dan asah.
Aspek asuh menekankan pada pemenuhan kebutuhan fisik mulai dari biologis, pemberian nutrisi yang tepat dan seimbag, imunisasi, kebersihan badan dan lingkungan, pengobatan, olahraga dan bermain.
Aspek asih menyoroti perhatian orang tua dalam memberikan kasih sayang kepada anak. “Anak yang tidak atau kurang mendapat kasih sayang, akan berpengaruh pada perilakunya. Anak akan menjadi pribadi yang pembenci dan kasar,” kata Nila.
Sedangkan asuh meliputi pengembangan sensorik anak, motorik, sosial, kreativitas, kepemimpinan, dan moral yang apabila salah satunya tidak terpenuhi dapat mengganggu tumbuh kembang anak.
Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes Kirana Pritasari mengatakan saat ini kesadaran masyarakat sudah cukup baik dalam memantau pertumbuhan berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala anak di posyandu.Namun yang perlu ditingkatkan lagi ialah pemantauan orang tua terhadap perkembangan anak.(anjas)

Leave a Reply