Menlu Kamboja Kunjungi Indonesia 1-3 Februari

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Menteri Luar Negeri Kamboja Prak Sokhonn melakukan kunjungan kerja ke Indonesia pada 1-3 Februari 2018, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di Jakarta, Kamis.
Menlu Kamboja Prak Sokhonn akan melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu RI Retno Marsudi pada Jumat (2/2) pagi di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta.
“Menlu Kamboja akan tiba Kamis sore ini dan akan bertemu Menlu RI pada Jumat pagi. Pertemuan ini sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun lalu, tetapi sempat tertunda,” ujar Arrmanatha.
Jubir Kemlu menyebutkan bahwa Menlu RI dan Menlu Kamboja akan membahas upaya untuk memperkuat mekanisme bilateral di beberapa area kerja sama yang perlu ditingkatkan, seperti di bidang pertanian, pariwisata, dan teknologi.
Selain itu, kedua Menlu juga akan membahas kerja sama Indonesia-Kamboja di bidang ekonomi, khususnya perdagangan dan investasi.

    Nilai perdagangan bilateral Indonesia-Kamboja pada Januari-Oktober 2017 mencapai 441,576 juta dolar Amerika Serikat (AS). Terkait dengan investasi, nilai investasi Indonesia di Kamboja pada 2016 mencapai 350 juta dolar AS.
“Kedua Menlu juga akan membahas kerja sama di bidang farmasi. Kamboja tertarik belajar tentang produk halal dari Indonesia,” ujar Arrmanatha.
Menlu RI dan Menlu Kamboja juga akan membicarakan tentang kerja sama peningkatan kapasitas kedua negara di bidang pertahanan, khususnya dalam konteks pendidikan militer.
Selanjutnya, dalam pertemuan bilateral itu, kedua Menlu pun akan membahas tentang berbagai kegiatan yang akan diselenggarakan pemerintah kedua negara untuk memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Kamboja pada 2019.(anjas)

Leave a Reply