Mensos: Ekonomi Keumatan Selaras Dengan Tugas Kementerian

     Jakarta, jurnalsumatra.com – Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan konsep ekonomi keumatan selaras dengan tugas Kementerian Sosial yaitu untuk mengentaskan kemiskinan.
“Konsep ekonomi keumatan pastinya akan menggerakkan umat untuk meningkatkan kesejahteraannya yang relevan dengan tugas Kementerian Sosial dalam pengentasan kemiskinan,” kata Mensos di Jakarta, Senin.
Hal itu dikatakan Idrus usai beraudiensi dengan perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Nahdlatul Ulama (NU) tentang pengembangan konsep ekonomi keumatan.
“Kita membahas tindak lanjut kunjungan ke kantor MUI bulan lalu tentang pengumpulan uang dan barang, sebagai kerja sama dengan Indomaret,” katanya menambahkan.

     Dia mengatakan, saat ini sudah ada lebih dari Rp2 miliar yang diserahkan ke MUI dalam rangka untuk pemberdayaan umat termasuk pengembangan masyarakat.
Tindak lanjut yang akan dilakukan adalah membentuk tim dari Kementerian Sosial dan MUI untuk pengembangan program dan nantinya juga akan melibatkan perusahaan-perusahaan.
Sebagai tindak lanjut akan dilakukan diskusi bersama MUI, NU dan 150 pimpinan perusahaan pada Kamis mendatang untuk memproyeksi kontribusi pimpinan perusahaan dalam rangka membantu pemberdayaan ekonomi dan potensi-potensi rakyat Indonesia.
Selain bekerja sama dengan ormas dan lembaga umat serta pengusaha, Kemensos juga menggandeng pemuda masjid untuk bekerja sama karena mereka yang memiliki program langsung yang dirasakan umat.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + thirteen =