Menteri ESDM Ikut Prosesi Jumat Agung Larantuka

   Kupang, jurnalsumatra.com – Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan bersama isterinya Ratnawati Setyadi, akan menghadiri prosesi Jumat Agung di Larantuka, ibu kota Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur pada Jumat (30/3).
Humas Kementerian ESDM, Bambang Sudjatmiko, ketika dihubungi melalui WhatsApp dari Kupang, Kamis (29/3), membenarkannya dan mengatakan bahwa Menteri Jonan bersama isterinya akan mengikuti Prosesi Jumat Agung di Larantuka.
Ia mengatakan selain Menteri Jonan dan isteri, juga turut dalam rombongan adalah Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Rida Mulyana.
Prosesi Jumat Agung di kota kecil di bawah kaki Gunung Ile Mandiri itu merupakan peninggalan Portugis yang berlangsung sekitar 500 tahun yang lampau, saat bangsa Portugis menyebarkan agama Nasrasi dan berdagang cendana di Kepulauan Solor.
Dalam perjalanan, Prosesi Jumat Agung di Larantuka yang langsung diapiti Teluk Gonzalu itu, telah ditetapkan Kementerian Pariwisata sebagai wisata rohani nasional.
Rombongan Menteri ESDM akan terbang dari Kupang, Jumat (30/3) pagi dan diperkirakan tiba di Bandara Gewayan Tanah Larantuka sekitar pukul 09.00 Wita.

    Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya selaku tuan rumah, akan mendampingi romobongan Menteri ESDM sampai selesainya Prosesi Jumat Agung di Kota Reinha Rosari Larantuka itu.
Menteri Jonan juga dijadwalkan akan melihat dari dekat arus Selat Gonzalu yang membagi Flores Timur daratan dengan Pulau Adonara, sebagai pembangkit tenaga listrik.
Peninjauan Menteri Jonan ke Selat Gonzalu itu memang sudah diagendakan oleh pihak kementerian yang menurut rencana akan membangun pembangkit listrik tenaga arus laut dengan menggunakan arus laut selat Gonzalu.
Sementara itu Sekretaris Daerah Larantuka, Anton Tonce Matutina, ketika dikonfirmasi dari Kupang, membenarkan kedatangan Menteri Jonan dan Ny Ratnawati ke Larantuka.
“Pak Menteri Jonan dan isteri bersama rombongan akan tiba di Larantuka, pukul 09.00 Wita pada Jumat (30/3) besok untuk mengikuti prosesi pada malam harinya,” katanya.(anjas)

Leave a Reply