Mimika Dapat Kuota 141 Calon Haji

     Timika,jurnalsumatra.com – Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, pada musim haji 2018 ini hanya mendapat kuota sebanyak 141 calon haji (Calhaj) yang akan menunaikan ibadah haji.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mimika, Adrianus Utler di Timika, Kamis, mengatakan jumlah tersebut merupakan hasil estimasi Kanwil Kemenag Provinsi Papua terkait jatah kabupaten di Papua yang akan mengirimkan jamaah calon haji 2018 ini.
“Tahun 2017 lalu jatah untuk kabupaten Mimika sebanyak 191 orang sementara tahun ini menurun menjadi 141. Itu memang sudah ditentukan berdasarkan estimasi di Provinsi,” ujarnya.
Sementara itu, terkait kesiapan pelaksanaan ibadah haji para calon dari Kabupaten Mimika, Adrianus mengatakan semua persiapan telah dilakukan termasuk pendampingan dari Kemenag Timika terkait tata cara pelaksanaan ibadah haji.

“Delapan kali latihan dilaksanakan di tingkat distrik dan satu kali di tingkat kabupaten dan itu sudah selesai dilaksanakan. Tes kesehatan juga sudah dilaksanakan,” ujarnya.
Sebanyak 141 calon haji ini akan diberangkatkan ke embarkasi Makassar pada 23 Juni mendatang dari Timika. Selanjutnya pada 28 Juli akan dilakukan pelepasan tingkat provinsi Papua di Makassar.
Mereka akan berangkat dengan kloter sembilan embarkasi Makassar.
Selain itu, Adrianus juga mengingatkan jamaah calon haji yang mendapat kuota pada musim haji 2019 agar segera melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan sehingga dalam waktu dekat dapat dikirim ke Kementerian Agama maupun Kanwil Kemenag Provinsi Papua di Jayapura.
Hingga Juli 2018, daftar tunggu jamaah calon haji dari Kabupaten 3.905 Mimika sudah mencapai.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − 7 =