Mobdin Kembalian DPRD Dalam Kondisi Rusak

Kayuagung, jurnalsumatra.com – Dari 28 unit mobil dinas yang dikembalikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Ogan Komering Ilir (OKI) satu diantaranya dalam keadaan rusak parah, bahkan masih “terbengkalai” di salah satu bengkel Palembang.

 

Hal tersebut terungkap pasca diserahkan anggota DPRD OKI Provinsi Sumatera Selatan, pada bulan Desember 2017 lalu. Mobil Dinas (Mobdin) yang dahulunya dipakai oleh para wakil rakyat tersebut kini telah dipinjam pakaikan ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di ruang lingkup Pemerintahan Kabupaten OKI.

 

Menurut informasi yang didapat dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) OKI, Mobdin tersebut tidak hanya dipinjam pakaikan ke sejumlah OPD. Tetapi juga di Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panwaslu dan kepolisian setempat. Sisanya masih berada di Full BPKAD, dan karena ada yang dalam keadaan rusak atau tidak layak pakai berada di DPRD OKI dan Bengkel Palembang.

 

“Mobdin serahan dari anggota DPRD OKI beberapa waktu lalu, seluruhnya berjumlah 28 unit. 4 unit terdiri dari 1 Pajero sport, 2 Terios dan 1 APV masih berada di Full kita, lalu 2 unit jenis Isuzu lantaran dalam keadaan rusak atau tidak layak pakai belum kita ambil dan masih terparkir di DPRD OKI,””ungkap Kepala BPKAD OKI Ir Mun’Im, MM saat dikonfirmasi, Kamis (22/2/2018) Siang.

 

 

Selain itu, Kata Mun’Im lagi, ada 1 unit jenis Mitsubishi Strada Triton BG 9150 KZ berada di bengkel YS Palembang karena memang belum diambil anggota dewan, jadi hanya kunci kontak dan surat kelengkapan kendaraannya saja yang diserahkan ke kita, kendaraan tersebut sudah kita cek dan memang dalam keadaan rusak sehingga berada di bengkel tersebut.

 

“Melalui Bagian Perlengkapan Setda OKI. 2 unit Mobdin Jenis Mitsubishi Pajero sport dan Strada dipinjamkan pakaikan ke KPU OKI, 2 unit lagi jenis mitsubishi Strada dipinjamkan ke Panwaslu OKI. Tidak hanya itu, ada juga 1 unit jenis Mitsubishi Strada yang dipinjamkan pakaikan ke pihak Polres OKI,” terang Mun’Im seraya mengatakan jumlah dan penggunaannya sudah jelas.

 

Dan hal ini, Masih kata Mun’Im, sesuai persetujuan pengalihan status penggunaan barang milik Daerah Pemerintah Kabupaten OKI nomor 028/1255.1/BPKAD/.IV/2018, 25 November 2017. Yang merupakan hasil tindak lanjut dari surat sebelumnya nomor 028/1249.1/BPKAD.IV/2017.

 

“Perihal Pengalihan Status Penggunaan dari Sekretariat DPRD OKI ke OPD dalam ruang lingkup Pemerintahan OKI, dan ditindaklanjuti dengan berita acara serah terima barang yang berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Pedoman Pengelolan Barang Milik Daerah,”ujar Mun’Im.

 

Untuk Kendaraan Mobdin lainnya, dilanjutkan Mun’Im, 6 unit jenis Mitsubishi Pajero Sport, Honda BRV, Daihatsu Terios, Daihatsu F700RG dipinjamkan pakaikan ke Sekretariat Dewan DPRD OKI. 3 unit jenis Suzuki APV dan Isuzu dipinjam oleh Bagian Kesra Setda OKI serta 1 unit jenis Suzuki APV di Badan Pengelola Pajak Daerah (BPPD) OKI.

 

“1 unit mobdin jenis Mitsubishi Strada dipinjamkan pakaikan ke Dinas Ketahanan pangan, tanaman dan holtikultura OKI serta 1 unit mobdin jenis mitsubishi Pajero sport ke Satpol PP dan pemadam kebakaran OKI,”kata Mun’Im

 

Selanjutnya, ditambahkan Mun’Im, masing – masing 1 unit jenis Daihatsu F700RG dipinjam oleh Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial OKI, lalu 1 unit jenis mitsubishi Pajero sport dipinjamkan ke Bappeda dan sisanya 1 unit lagi dengan jenis yang sama dipinjamkan ke Dinas Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak OKI.(ata)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + eighteen =