Motor Keliling Bantu Korban Gempa Wilayah Terpencil

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Direktur Program Dompet Dhuafa, M Sabeth Abilawa mengatakan pihaknya menerjunkan aksi layan sehat (ALS) motor keliling untuk membantu korban gempa Lombok di wilayah terpencil dan bermedan sulit.
“Motor keliling dengan layanan kesehatan untuk mobilitas ke beberapa wilayah yang terpencil, dan bermedan sulit karena terputus akibat gempa,” ujar M Sabeth Abilawa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.
Sabeth mengatakan, motor keliling juga akan mendistribusikan bantuan logistik untuk dapur umum oleh tim Dompet Dhuafa yang langsung disalurkan ke Masjid Ikhwanul Muttaqin, di Gangga, Lombok Utara.
Ia mengatakan, pengungsi maupun korban baik luka berat maupun ringan membutuhkan bantuan secepatnya, seperti tenaga medis dan obat-obatan, selimut perlengkapan bayi dan anak, tenda pengungsian serta kebutuhan makanan hingga air bersih.
Selain itu, Dompet Dhuafa menerjunkan dapur keliling (darling) yang setelah sepekan lalu membantu mobilisasi kebutuhan pangan bagi korban gempa di Sembalun, Lombok Timur.
“Saat ini darling membantu para korban gempa di posko Gangga, Lombok Utara,” kata dia.

    Ia mengungkapkan, kegiatan dapur keliling diharapkan akan memenuhi kebutuhan makanan bagi para pengungsi korban gempa, dengan menu yang sederhana tetapi tetap kita perhatikan dengan standar gizi yang cukup terutama bagi para anak-anak, wanita hamil dan menyusui serta balita.
Sebelumnya, Duta Besar Korea Selatan (Korsel) untuk Indonesia, Kim Chang-beom menyalurkan donasi sebesar 500 ribu dolar AS atau setara dengan Rp7,2 miliar untuk pemulihan Lombok pascagempa bumi berkekuatan 7 skala richter (SR).
“Saya mewakili Pemerintah Korea ingin menyampaikan bantuan dana darurat sebesar 500 ribu dolar AS kepada Palang Merah Indonesia untuk membantu rehabilitasi di daerah yang terkena gempa,” ujar Kim Chang-beom di Markas Pusat PMI Jakarta.
Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Duta Besar Kim Chang-beom kepada pelaksana harian Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Ginanjar Kartasasmita di Jakarta.
Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta atas nama rakyat Korea juga mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada para korban beserta keluarga mereka.
Ia mengatakan, Pemerintah Korea siap membantu Indonesia dalam membangun kembali wilayah-wilayah yang terdampak gempa.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − 2 =