MUI Banyumas: Hari Pahlawan Momentum Tingkatkan Nasionalisme

Purwokerto, jurnalsumatra.com – Peringatan Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November dapat menjadi momentum bagi seluruh masyarakat untuk meningkatkan semangat nasionalisme.
“Ini momentum untuk bersama-sama meningkatkan semangat nasionalisme,” kata Sekretaris Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Banyumas, Ridwan di Purwokerto, Jumat.
Dia menambahkan, peringatan Hari Pahlawan dapat memiliki makna bahwa solidaritas kebangsaan harus ditempatkan di atas solidaritas kesukuan, golongan dan lain sebagainya.
Para pahlawan, kata dia, telah berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan, kedaulatan, dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
“Kita harus mencontoh semangat para pahlawan yang rela berkorban untuk negara dan bangsa,” katanya.
Dia juga menambahkan, menjadi tugas bersama untuk memaknai Hari Pahlawan dengan mengisi kemerdekaan sesuai dengan kondisi saat ini.

“Hari pahlawan harus selalu hidup dalam hati generasi sekarang dengan merawat keutuhan NKRI dan membangun negeri,” katanya.
Sementara itu, Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman, Bambang Widodo mengatakan Hari Pahlawan dapat menjadi media untuk memperkuat jiwa persatuan dan kesatuan.
Dia menjelaskan, para pahlawan pejuang kemerdekaan terdiri dari berbagai macam agama, suku, dan budaya.
Namun mereka bersatu, dan bersama-sama berjuang dalam meraih kemerdekaan.
“Pahlawan-pahlawan kita berbeda suku, agama, dan budaya, namun mereka tidak mempermasalahkan kelokalan, golongan dan lain sebagainya, karena yang mereka miliki adalah semangat berjuang demi kemerdekaan Indonesia,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × three =