MUI Bengkalis Ajak Masyarakat Shalat Gerhana

     Bengkalis, jurnalsumatra.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, mengajak masyarakat setempat untuk melaksanakan Shalat Gerhana Bulan pada hari Sabtu, 28 Juli 2018.
“Insya Allah, kita akan melakukan Sholat Gerhana Bulan secara berjamaah pada waktu yang diprediksi terjadinya gerhana bulan, Sabtu dinihari nanti. Kami menyeru kepada masyarakat muslim agar dapat bersama-sama kita menyelenggarakan solat gerhana bulan ini di Masjid Agung Istiqomah Bengkalis,” ujar Ketua MUI Kabupaten Bengkalis, H Amrizal di Bengkalis, Jumat.
Dikatakannya bahwa perkiraan Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bahwa Sabtu, 28 Juli 2018 dinihari, akan terjadi Gerhana Bulan. Jika cuaca mendukung, kejadian langka ini dapat diamati di Indonesia, khususnya Kabupaten Bengkalis.
“Atas dasar itu dan dikuatkan dengan surat dari Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor: B.3364/DJ.III/HM.01/07/2018, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bengkalis bekerja sama dengan pengurus Masjid Agung Istiqomah Bengkalis, memfasilitasi seruan Sholat Gerhana Bulan ini,” kata Amrizal.

Dosen STAIN ini juga mengaku telah melayangkan surat imbauan untuk pengurus MUI di kecamatan, agar menfasilitasi pelaksanaan sholat gerhana bulan di wilayah kecamatan masing-masing.
“Mari kita sama-sama berdoa agar fenomena alam ini tidak membawa keburukan bagi kita dan semoga kita semua senantiasa dilindungi di dunia hingga akhirat,” harapnya.
Senada dengan itu, Ketua Umum Pengurus Masjid Agung Istiqomah, Bengkalis, H Arianto mengajak saudara-saudara yang memiliki niat dan semangat yang kuat, agar bersama menyelenggarakan sholat gerhana bulan kali ini.
“Kita tidak tau apa rencana dan maksud Allah lewat gerhana yang akan terjadi. Namun alangkah baikknya kita perbanyak beribadah dan berserah diri kepada Allah SWT, semoga kita dihindari dari marabahaya,” katanya.
Dikatakannya bahwa berdasarkan perkiraan BMKG, seperti di wilayah Riau akan terjadi gerhana bulan awal sekitar pukul 01:24:27 WIB, kemudian puncak gerhana pukul 03:21:43 WIB, dan akhir gerhana pukul 05:19:00 WIB.
Ditambahkannya juga bahwa rangkaian pelaksanaan Sholat Gerhana Bulan ini akan dimulai pukul 01:00 WIB, di Masjid Agung Istiqomah Bengkalis. Diisi dengan khattib Ustadz Filusman, Lc, dan sholat yang akan diimami Ustadz Zulkifli, S.Pd.i.(anjas)

Leave a Reply