Mukomuko Bantu Pesantren Kembangkan Budi Daya Perikanan

    Mukomuko, jurnalsumatra.com – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu akan membantu pesantren di daerah itu untuk mengembangkan budi daya perikanan darat.
“Kami akan bantu pesantren yang ingin mengembangkan budi daya perikanan darat,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Arif Isnawan di Mukomuko, Kamis.
Dinas Kelautan dan Perikanan telah menerima proposal usulan bantuan sarana perikanan darat dari pesantren di Desa Tunggang.
Ia mengatakan pihaknya telah  menugaskan beberapa orang petugas perikanan ke pesantren di Desa Tunggang guna mempelajari potensi lahan untuk lokasi pengembangan budi daya perikanan darat di pesantren tersebut.
“Kami pelajari terlebih dahulu untuk memastikan kami berbuat apa, begitu juga dengan pesantren berbuat apa,” ujarnya.

     Ia menyatakan petugas perikanan instansi tersebut siap mendidik para santri di pesantren tersebut terkait pengetahuan tentang cara budi daya perikanan darat.
Pemerintah daerah disebutnya siap memberi benih ikan dan induk ikan berkualitas untuk pengembangan budi daya perikanan darat. Untuk itu santri di pesantren itu perlu belajar.
DKP mendukung pondok pesantren ke depannya menjadi tempat usaha budi daya perikanan darat di daerah itu.
“Kita jadikan satu pesantren ini  sebagai proyek percontohan bagi pesantren lain di daerah tersebut,” ujarnya lagi.
Menurutnya, pesantren memerlukan usaha itu agar bisa mandiri karena usaha budi daya perikanan bisa menjadi sumber ekonomi bagi pesantren tersebut.(anjas)

Leave a Reply