Mukomuko Siagakan Empat Alat Berat Antisipasi Longsor

    Mukomuko, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyiagakan empat alat berat beberapa jenis untuk mengantisipasi tanah longsor di sepanjang jalur mudik Lebaran 2018.
“Kita siapkan alat berat untuk mengantisipasi jika terjadi longsor di jalur mudik Lebaran tahun ini,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko Apriansyah di Mukomuko, Senin.
Ia mengatakan empat alat berat itu terdiri atas ekskavator, vibro, dan greader. Jumlah alat berat yang disiapkan selama Lebaran 2018 lebih banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang dua unit.

Dari empat unit alat berat itu, dua di antaranya dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan dua lainnya dari Dinas Lingkungan Hidup setempat.
Sebanyak empat alat berat itu disiagakan di dua organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut. Alat berat itu bisa digunakan kapan saja apabila terjadi bencana alam, seperti tanah longsor di jalur mudik Lebaran tahun ini.
Ia menyebutkan lokasi ruas Jalan Lintas Sumatera yang rawan longsor di daerah itu, yakni di Kecamatan Lubukpinang, tepatnya di Bukit Solang.
“Lokasi longsor itu berada di wilayah perbatasan kabupaten itu dengan Provinsi Sumatera Barat,” ujarnya.
Hingga saat ini, cuaca di daerah tersebut cerah sehingga kecil peluang terjadi bencana alam seperti tanah longsor di jalur mudik Lebaran tahun ini.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 5 =