Musa Pertanyakan Langkah Djarot-Sihar Atasi Penyerobotan Hutan

    Medan,jurnalsumatra.com – Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah mempertanyakan langkah pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus dalam mengatasi aksi penyerobotan hutan negara.
Dalam debat tahap ketiga yang digelar KPU Sumut pada Selasa malam, Musa Rajekshah mengatakan salah satu masalah yang menonjol di Sumut adalah kasus hutan negara yang dikelola pihak swasta.
Bahkan ada kasus tanah hutan negara yang telah diproses secara dihukum dan kasusnya sudah “inkracht” (berkekuatan hukum tetap), tapi tidak bisa dituntaskan.
Karena itu, cawagub yang berpasangan dengan Edy Rahmayadi tersebut mempertanyakan langkah pasangan Djarot-Sihar mengenai langkah yang akan dilakukan.
“Bagaimana langkah agar hutan itu bisa kembali menjadi hutan negara,” katanya.
Dari pertanyaan yang diajukan, kemungkinan besar masalah yang dipertanyakan Musa Rajekshah adalah kasus Register 40 di Kabupaten Padang Lawas yang hasil perkebunannya dijual ke perusahaan yang dikelola Sihar Sitorus.

Menanggapi pertanyaan itu, cagub Sumut Djarot Saiful Hidayat mengatakan masalah agraria di Sumut sangat kompleks, termasuk dengan maraknya perampasan tanah milik rakyat.
Fenomena itu yang sering menimbulkan konflik lahan, terutama jika berkaitan dengan lahan eks hak guna usaha (HGU) PTPN 2.
“Itu yang akan ditegaskan agar hukum berpihak pada rakyat miskin,” katanya.
Sementara itu, cawagub Sumut Sihar Sitorus mengatakan pemerintah pasti mempertimbangkan banyak faktor dalam menuntaskan masalah hukum, terutama jika berkaitan dengan rakyat banyak.
Dalam menyelesaikan masalah pertanahan, diperlukan langkah yang paripurna, termasuk mengkaji proses yang dijalankan.
Jika memang prosesnya sudah berjalan dengan tepat, pihaknya berkeyakinan eksekusi proses dan putusan hukum yang sudah inkracht tidak terlalu sulit.
Kemudian, faktor yang tidak kalah penting adalah perlunya pemerintah untuk mempertimbangkan kemungkinan adanya masyarakat yang sebenarnya justru memiliki hak atas tanah yang dipersengketakan.
Salah satu dasar hak masyarakat tersebut berupa hak ulayat atau hak adat yang cukup banyak terdapat di Sumut.(anjas)

Leave a Reply