Muspida OKU Rapat TMMD

Baturaja, OKU, Sumsel, jurnalsumatra.com – Bupati OKU H Kuryana Azis, Dandim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo bersama Kapolres OKU AKBP Dra NK Widayana Sulandari, rapat koordinasi teknis penyelenggaraan TMMD Ke-102 Tahun 2018 di Rumah Kabupaten OKU, Senin, 02/07). Setelah Bupati OKU memberi pengarahan, selanjutnya Bupati menunjuk Sekda OKU Dr Achmad Tarmizi untuk memimpin Rakornis dengan Instansi yang terkait lainnya.

Rakor dihadiri sekitar 60 orang dari seluruh satuan kerja terkait baik Pemkab, Kodim dan Polres OKU, pada kesempatan tersebut Komandan Kodim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo memaparkan tahapan pekerjaan, anggaran serta sasaran fisik maupun non fisik yang akan dikerjakan dan sudah mendapat persetujuan dari Pemkab OKU.

Dandim menjelaskan TMMD sebagai salah satu wujud opersi bakti yang merupakan program kerjasama lintas sektoral antara TNI, Kementrian/lembaga pemerintah non kementrian dan Pemkab OKU serta komponen bangsa lainnya, dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan dalam upaya membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah yang tergolong tertinggal.

Ditambahkannya, tujuan TMMD ke-102 di Desa Belimbing untuk membantu Pemkab OKU untuk mensejahtrakan masyarakat melalui kegiatan fisik maupun non fisik dan memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang, alat juang serta kondisi juang yang tangguh, ujarnya.

Sasaran fisik yang akan dikerjakan berupa “Pembuatan Jembatan Gantung 130 M x 2 dan Pembangunan Jembatan Penghubung 2,5 M  x 5 M”. Obyek non fisik diantaranya, Penyuluhan Narkoba, Hukum, Kamtibmas, Sosialisasi Keselamatan Berlalulintas, Penyuluhan Kenakalan Remaja dan Pelayanan Mobil SIM Keliling.  Penyuluhan wawasan kebangsaan dan penyuluhan bela negara. Penyuluhan KDRT. Penyuluhan Pertanian. Penyuluhan Karhutla. Kegiatan UMKM. PBB dan Pramuka. Rekrutmen TNI. Pemutaran Film Perjuangan. Olahraga.  Perekaman e-KTP dan Penyuluhan Kesehatan dan BPJS.

Pelaksanaan TMMD tahun 2018 rencananya akan digelar mulai 10 Juli sampai dengan 8 Agustus 2018 mendatang. Bupati OKU H Kuryana Azis melalui Sekda OKU Dr Achmad Tarmizi mengatakan, program TMMD ke-102 tersebut tidak hanya menjadi program tunggal  operasi bhakti TNI, tapi juga wajib di dukung Pemkab OKU, lembaga strategis lainya yang secara  bersinergi dan terintegrasi, sebagai upaya peningkatkan pembangunan di daerah.

Ditambahkannya, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) jelas Sekda Pemkab OKU Dr Achmad Tarmizi untuk mewujudkan kehidupan sosial masyarakat yang lebih baik dan mandiri khususnya di daerah tertinggal, terisolir dan terpencil. Ini penting kita dukung bersama, TMMD akan membantu dan mempercepat pembangunan di desa Belimbing Kecamatan Peninjauan-OKU, dan daerah sekitarnya. Tutupnya. (Andrizal)

Leave a Reply