Nelayan Banda Ditemukan Selamat Di Seram Timur

Ambon, jurnalsumatra.com – Dua nelayan asal Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Basdir Abas dan Darun Sahamat, yang melaut dengan sebuah “long boat” ditemukan selamat di perairan Pulau Geser, Kabupaten Seram Bagian Timur oleh nelayan setempat.
“Pihak keluarga korban telah memberikan laporan resmi ke Pos SAR Banda kalau Basri bersama Darun telah ditemukan oleh nelayan Geser pada posisi 03 derajat 58’27’S – 130 derajat 50’01’E,” kata Kepala Kantor SAR Ambon, Muslimin di Ambon, Jumat.
Setelah menemukan kedua korban beserta long boat yang mereka gunakan, nelayan asal Pulau Geser juga membantu mengevakuasi kedua korban kembali ke Pulau Banda.

     Menurut Muslimin, hilangnya Basri bersama Darun sejak 10 Oktober 2018 sekitar pukul 03.00 WIT di perairan Pulau Hatta dilaporkan langsung pihak keluarga ke Pos SAR Banda.
Lokasi kejadian sesuai informasi yang diterima pada koordinat 04 derajat 27’33’S – 130 derajat 09’33’E.
Tim “rescue” dari Pos SAR Bandaa kemudian mulai melakukan proses pencarian dan penyelamatan sejak Kamis (11/10) pukul 11.30 WIT dengan menggunakan RIB bersama masyarakat nelayan setempat berlayar menuju lokasi yang disebutkan.
Namun perkembangan operasi SAR H-1 terhadap long boat bersama dua nelayan tersebut masih dinyatakan nihil dan proses pencarian untuk sementara dihentikan pukul 18.00 WIT, kemudian akan dilanjutkan esoknya.
“Dengan ditemukannya Basdir bersama Darun maka operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup,” kata Muslimin.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − 5 =