Nila Moeloek Ingin Tetap Mengabdi Selepas Menjabat Menkes

Jakarta, jurnalsumatra.com – Menteri Kesehatan Nila Moeloek ingin tetap mengabdi kepada bangsa dan Tanah Air selepas menanggalkan jabatan Menkes pada akhir pemerintahan 2014-2019.
    “Kita tetap mengabdi kepada bangsa, saya punya ‘background’ dari kesehatan saya tetap saja bisa mengerjakan banyak hal yang bisa dikerjakan,” kata dia di Jakarta, Jumat.
    Nila pada suatu kesempatan pernah mengungkapkan keinginannya untuk kembali menjadi pengajar bidang kesehatan. Nila Moeloek adalah dokter spesialis mata sekaligus ahli oftalmologi yang juga Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
    Hari ini merupakan hari terakhir masa dinas Nila bekerja sebagai Menteri Kesehatan yang diakhiri dengan kunjungan kerja ke Gorontalo.
    Menurut dia, Kementerian Kesehatan telah bekerja keras melakukan banyak upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat selama lima tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.
    Yang terbaru, pemerintah menurunkan angka kekerdilan dari 30,8 persen pada 2018 menjadi 27,67 persen pada 2019.
    Nila menjabarkan beberapa program yang mengupayakan tenaga kesehatan untuk hadir di tengah-tengah masyarakat, seperti Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga dan Nusantara Sehat.
    Dia mengatakan masih banyak pekerjaan rumah di Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat Indonesia serta menurunkan sejumlah angka prevalensi penyakit yang terbilang tinggi di dunia.
    Nila berharap, Menteri Kesehatan penerusnya harus pro kepada rakyat dengan memberikan berbagai layanan kesehatan yang ada.(anjas)