NTT Dukung Pengangkatan Guru Honor Jadi PNS

     Kupang, jurnalsumatra.com – Dinas Pendidikan Nusa Tenggara Timur (NTT) mendukung rencana pemerintah pusat untuk mengangkat guru honor sebagai pegawai negeri sipil (PNS) pada 2018.
“Kami sangat mendukung rencana pemerintah pusat mengangkat guru honor sebagai PNS. Kebijakan itu sangat tepat karena guru honor memiliki peran penting dalam memajukan sektor pendidikan di NTT yang berbatasan dengan negara Timor Leste,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Alo Min kepada Antara di Kupang, Kamis.
Alo menjelaskan hal itu terkait rencana pemerintah pusat untuk mengangkat guru honor secara bertahap mulai tahun 2018.
NTT memiliki 2.310 orang guru honor yang mengabdi di SMK/SMA di seluruh wilayah provinsi yang tersebar di beberapa pulau.
Pemerintah NTT menyampaikan secara resmi dukungan tersebut kepada pemerintah pusat terkait usulan pengangkatan guru honor sebagai PNS, kata Alo Min.

     “Pak gubernur sudah menyampaikan secara terbuka kepada Menteri Pendidikan Muhadjier Effendy,  ketika beliau berkunjung ke NTT. Setiap tahun banyak guru PNS pensiun sehingga daerah ini selalu mengalami kekurangan guru. Beruntung kekurangan itu dapat diatasi dengan kehadiran para guru honorer dengan beban tugas yang sama dengan guru PNS,” tegas Alo.
Dia mengatakan, dengan diakomodirnya guru honorer sebagai PNS maka guru-guru komite akan diakomodir sebagai guru kontrak.
Ia menilai kebijakan pemerintah pusat yang mengangkat guru honorer sebagai PNS sangat penting karena sebagian besar guru honorer dan komite telah mengabdi sebagai guru selama belasan tahun dengan pendapatan sebesar Rp600.000/bulan.
“Honor yang mereka terima sangat kecil tetapi beban kerjanya sama dengan guru PNS. Jika kita ingin mewujudkan mutu pendidikan kita menjadi lebih baik maka kesejahteraan guru haru diperbaiki salah satunya melalui pengangkatan guru honorer sebagai PNS,” kata Alo.
Ia mengatakan, kompetensi guru harus menjadi tolak ukur dalam proses rekrutmen guru yang akan diangkat sebagai PNS agar mutu pendidikan menjadi lebih baik.(anjas)

Leave a Reply