OKNUM KADES Dalangi Serangkaian Perampokan

OKUTimur, jurnalsumatra.com – Polres OKU Timur diback up olehJatanras Polda Sumatra Selatan berhasil mengungkap kasus perampokan yang melibatkan Salah satu Kepala Desa di Kabupaten OKU Timur kecamatan Semendawai Timur tepat nya Kades Desa Melati Agung yang terlibat dalam beberapa perampokan di wilayah hukum Sumatera Selatan khusus nya di Kabupaten OKU Timur dan OKI.

Dalam Paparanya ketika Pers Release di depan Mapolres OKU Timur(18/02/2020) AKBP Erlin Tangjaya SH,SIK selaku Kapolres OKU Timur mengatakan bahwa keterlibatan Kades Elwani Alias El (47)th sangat vitalĀ 
Karena mendalangi dan terlibat langsung dalam perampokan di daerah Kabupaten OKU Timur dan Kabupaten OKI,Tegas Kapolres.

Beberapa rangkaian perampokan yang melibatkan Kades Elwani adalah
– pada tanggal 27 Agustus 2014 di Desa Melati Jaya Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten OKU Timur dengan korban Tarudin bin Safar (56) korban mengalami kerugian sebesar 45 juta dan satu unit sepeda motor.
-pada tanggal 30 Juni 2015 di Desa Karang Menjangan Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten OKU Timur dengan korban Soleh Hadi(42)th korban mengalami kerugian sebesar 30 juta dan satu unit sepeda motor Mega Pro.
-pada tanggal 13 Oktober 2015 di Desa Tegal Sari Kecamatan Belitang ll Kabupaten OKU Timur dengan korban Basniah (62)th korban mengalami kerugian sebesar Rp 15 juta emas 5 suku dan satu unit HP.
-pada tanggal 17 Februari 2016 di Desa Karang Menjangan Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten OKU Timur dengan korban Suwandi bin Kusen ,korban di ambil motor Vixion kerugian sebesar 25 juta.
-pada tanggal 29 Oktober 2016 di Desa Tanjung Kukuh Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur dengan korban H.Bustan bin H.Riduan(54)th korban kehilangan uang sebesar Rp 100 juta dan 100 suku emas total kerugian sebesar Rp 450 juta.

Selain menangkap Kades Elwani(47) th pada hari minggu (16/02/2020) jajaran Polres OKU Timur khusus nya Satreskrim dengan pimpinan Kasat reskrim AKP M.Ikang Ade yang di Backup oleh Jatanras Polda Sumsel juga menangkap anggota perampokan lainnya yaitu:
-Makmun (47) warga desa Cahaya tani kuta pandan kecamatan Lempuing OKI dan di tangkap di daerah pegunungan OKU Selatan.
-Ageptal alias Agep (28)th warga Desa Melati Agung dan di tangkap di daerah Bekasi Jawa Barat pada Senin (17/02/2020) karena melawan kedua pelaku Makmun dan Agep di tembak oleh petugas.

Motif para pelaku adalah dobrak pintu menodong dengan pistol dan mengikat korban apabila korban melawan maka tidak segan-segan sindikat Kades Elwani cs akan melukai bahkan membunuh korban,terang AKBP Erlin Tangjaya selaku Kapolres OKU Timur.

Kapolres juga menambahkan selain melakukan rangkaian perampokan di kabupaten OKU Timur ternyata Kades Elwani yang masih aktif menjadi Kades di Kabupaten OKU Timur ini juga terlibat perampokan di Kabupaten Ogan komering Ilir (OKI) dengan korban H.Talung uang 2,4 milyar dari Bank Mandiri untuk membayar karet juga di rampok oleh Elwani cs,dan masih banyak lagi kasus lagi yang sedang dalam pengembangan termasuk salah satu Kades lagi di Kabupaten OKU Timur yaitu Kades Desa Sumber Rejo yang masih ada kaitannya dengan Kades Elwani cs dan kini sedang dalam pengembangan oleh Polres OKU Timur,Pungkasnya.(iwn).