OKU Aman Dari Virus Corona

Baturaja, Jurnalsumatra.com – Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dapat dinyatakan aman dari wabah virus Corona, wabah penyakit yang menghantui dunia saat ini. 

Hal tersebut dikatakan Andi Prapto, Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) OKU. Pernyataan tersebut berdasarkan letak Kabupaten OKU yang tidak berada pada daerah transit seperti kota-kota lainya yang memiliki pelabuhan dan bandara.

“OKU kemungkinan besar sangat jauh dari zona wabah virus Corona, karena kita tidak berada pada kota transit,” kata Andi saat ditemui diruang kerjanya, Senin (271/2020).

Walaupun kemungkinan jauh dari kemungkinan daerah penyebaran virus Corona namun kit harus tetap waspada, untuk mencegah kemungkinan yang mungkin terjadi Dinas Kesehatan Kabupaten OKU menyampaikan himbauan pada masyarakat agar tetap waspada.

“untuk mencegah kemungkinan yang terjadi Dinas kesehatan telah memberikan himbauan pada masyarakat melalui pihak kecamatan di OKU untuk menyampaikan keseluruh wilayah dibawahnya,” jelas Andi.

Selanjutnya Andi menjelaskan ciri-ciri penderita virus Corona sama seperti penderita flu biasanya hingga sulit untuk dibedakan, hanya saja untuk mengetahui lebih lanjut kita mencari informasi riwayat perjalan penderita.

“Untukengetahui penderita lebih dahulu kita mempelajari riwayat perjalanan penderita, apakah dari perjalan dari luar negeri atau tidak, terutama wilayah sumber dan negara yang terjankit wabah,” ujarnya. 

Untuk mengatasi pasien penderita virus Corona, pihak Dinas kesehatan Kabupaten OKU mengaku belum memiliki alat kelengkapan untuk menanggulangi masalah penyakit tersebut.

“Kita belum bisa menanggulangi penyakit wabah virus Corona, seandainya ditemukan di OKU maka kita langsung merujuk ke RSUD Palembang,” kelasnya. (rad)