Ombudsman Konsen Perbaiki Kualitas Pelayanan Publik

Palembang, jurnalsumatra.com – Ombudsman RI sebagai Lembaga Negara Pengawas Penyelenggaran Pelayanan Publik mengadakan Pekan Layanan Publik Tahun 2018 di Kambang Iwak Park (KIP) Palembang, Minggu (18/8). Kegiatan Pekan Pelayanan Publik yang dihadiri langsung oleh Ketua Ombudsman,  Prof Amzulian Rifai ini disamping bertujuan untuk mendekatkan masyarakat dengan Ombudsman juga dengan unsur penyelenggaraan pelayan publik disumatera selatan, dengan cara menghadirkan instansi penyelenggara layanan publik mulai dari Pelayanan SIM Keliling, Samsat, Perpustakaan Keliling,  Pengadilan Negeri Palembang dengan E Court,  Pelayanan DPM-PTSP Provinsi Sumsel dan Kota Palembang, BPJS Kesehatan, PT.  KAI,  Dukcapil Kota Palembang, Disnaker Palembang,  Dinas Kesehatan Palembang,  RSUD Bari,  BRI, Unsri hingga Kantor Kementerian Agama Sumsel.

“Pekan Pelayanan Publik ini juga secara perlahan ingin mengubah paradigma masyarakat yang selama ini berpikir melakukan urusan layanan publik itu terkesan susah, pelayannya cenderung sering marah, berbelit hingga  dipungut biaya, kini akan diubah menjadi lebih bersahabat dengan sambutan yang hangat dari petugas, pelayanan yang transparan serta dapat dilakukan dengan cepat,” ujar Kepala Perwakilan Ombudsman Sumsel, M Adrian Agustiansyah.

Dalam kesempatan yang sama,  Pekan Pelayanan publik juga turut mengikutsertakan Lomba menggambar sekaligus mewarnai bertema pelayanan publik tingkat SD se-kota Palembang dengan diikuti sekitar 79 peserta dan Pergelaran Stand Up Comedy bertema Pelayanan Publik yang diikuti sekitar 12 peserta.

“Sebagai bukti bahwa Ombudsman turut konsen terhadap perbaikan kualitas pelayanan publik, bersamaan dengan kegiatan pekan pelayanan publik yang kami selenggarakan, sengaja kami undang pimpinan daerah baik provinsi maupun kota palembang, pimpinan instansi vertikal hingga unsur penegak hukum untuk secara bersama menandatangani komitmen meningkatkan pelayanan publik di Sumatera Selatan, dan sukurlah hari ini mereka semua hadir dan bersedia menandatangani,” bebernya.

“Penandatanganan Komitmen Bersama tersebut ditandatangani oleh Pihak Pemprov Sumsel, Pemkot Palembang, Polda Sumsel,  Kajati Sumsel,  Pengadilan Tinggi Palembang, Kemenkumham Sumsel, Kemenag Sumsel, BPJS Kesehatan, PT. KAI,  PT. PLN Wilayah Sumbagsel yang diketahui oleh Ketua Ombudsman RI Prof. Amzulian Rifai,” tegasnya.

Adrian mengatakan Ombudsman sebagai garda terdepan dalam pengawasan penyelenggara layanan disamping akan bekerja sama dengan pengawasan atau pengelola pengaduan internal di masing instansi juga berharap kedepan masyarakat sumatera selatan kini harus lebih aktif lagi melakukan pengawasan dan menjadi mitra Ombudsman dalam pengawasan tersebut, puncaknya agar Pelayanan Publik yang sama sama kita harapkan dapat berjalan maksimal dan sesuai dengan apa yang diharapkan bersama.

“Kami apresiasi bagi instansi penyelenggara yang telah bersedia membukan stand nya dalam pekan pelayanan publik tahun 2018 yang kami selenggarakan, Ombudsman merasa kegiatan yang bernilai positif ini agar nantinya dapat rutin diselenggarakan baik oleh kami ataupun Instansi yang berkepentingan,” pungkasnya.  (Yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − eleven =