Operasi Zebra Lahat Secara Nomaden, 70 Personil Diturunkan

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Operasi zebra musi 2017 yang dilakukan oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lahat, terus berlanjut.

Bahkan, tidak tanggung-tanggung dalam razia tersebut, setidaknya ada 70 personil diterjunkan. Alhasil, dalam satu hari razia dilakukan setidaknya puluhan roda dua (R2-red) berhasil dikandangkan.

Karena dilapangan, sipengendara R2 banyak ditemukan melakukan pelanggaran. Sedangkan, untuk sanksi sendiri sipengendara dikenakan sanksi berupa tilang. Operasi ini, terus berlangsung sampai (14/11/2017) mendatang.

“Dalam beberapa hari operasi Zebra Musi 2017 ini, petugas kita berhasil mengandangkan ratusan R2, karena banyak ditemukan pelanggaran saat berkendaraan dijalan,” ungkap Kapolres Lahat, AKBP Roby Karya Adi SIK, melalui Kasat Lantas, AKP Dhani Prasetya SIK.

Ditambahkan Dhani, untuk titik-titik lokasi yang masuk dalam operasi zebra musi ini, akan berpindah-pindah. Semua ini, bertujuan untuk memberikan kesadaran masyarakat itu sendiri. Target, setidaknya dalam waktu 15 hari ini, baik dalam Kota Lahat sampai di Kecamatan akan dilakukan operasi.

“Benar, kebanyakan yang kita tindak dilapangan sipengendara tidak mengantongi surat izin mengemudi (SIM-red), tidak membawak STNK, tidak memakai helm dan, pengendara yang ugal-ugalan dijalan,” ujarnya lugas.

Dijelaskannya, oleh sebab itu, pihaknya menghimbau bagi seluruh masyarakat agar ketika berkendaraan dapat mematuhi rambu-rambu Lalulintas, memiliki SIM, serta lengkapilah semua surat-surat kendaraan saat dibawak.

“Jatuh diaspal, tidak seindah jatuh cinta. Taatilah rambu-rambu selama berkendaraan. Stop pelanggaran, stop kecelakaan, dan utamakan Keselamatan dalam berkendaraan,” pesan Kasat Lantas Lahat.

Sugianto (37) salah satu pengendara yang motornya ditilang oleh Satlantas Lahat saat diwawancarai mengatakan, dirinya tidak tau kalau ada operasi zebra. saat berkendaraanpun tidak membawak surat menyurat, sedangkan SIM baru hendak dibuat.

“Harus bagaimana lagi, tinggal kami ikuti saja aturannya. SIM baru hendak saya buat pak, tidak tau kalau Lantas Lahat lagi mengadakan operasi zebra musi 2017,” tutur warga Kelurahan Talang Jawa, Lahat ini. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 20 =