OTD Rusak Mobil Wartawan

Muba, jurnalsumatra.com – Mobil wartawan TV One yang bertugas di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dirusak Orang Tak Dikenal (OTD) dengan cara mengkempes ban mobil dan dinding mobil digaruk pakai benda tajam hingga menimbulkan goresan kecil.

Peristiwa tak terpuji itu terjadi, Ahad (7/6/2920) malam saat mobil terparkir di halaman parkir Wisma Atlit Sekayu. Hal ini di ketahui pemiliknya, Senin (8/6/2020) pagi pukul 8.30 Wib saat Puja Kusuma wartawan TV One hendak keluar menjalankan aktivitas.


“Saat mau keluar menjalankan aktivitas, saya terkejut melihat ke dua roda mobil sebelah kanan depan-belakang sudah kempes dan dinding mobil ada bekas goresan benda tajam.”Jelas Puja. 

Puja menduga ini perbuatan yang di sengngaja oleh orang yang tidak senang atau terpojok akibat pemberitaan akhir-akhir ini baik di media on line maupun TV One.

Dijelaskannya, setelah ban mobil di bawah ke tempat tampal ban, ternyata ban belakang di tusuk benda tajam tembus sampai ke dalam. Sehingga tidak dapat di perbaiki lagi, sedangkan ban depannya hanya di kempes.

“Selagi kita benar dalam menjalankan tugas sebagai wartawan dengan tidak melanggar etika dan kode etik jurnalistik, kenapa harus takut diancam.”Tegas Puja. 

Sementara menyikapi permasalahan ini, ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar melalui kepala bidang pembelaan wartawan Muliyadi menegaskan, perusakan terhadap mobil wartawan tidak di benarkan. 

“Kalau tidak senang dengan pemberitaan pihak yang bersangkutan dapat mengunakan hak jawab, sesuai dengan UU Press No 40 tahun 1999. Kami dari LBH PWI Sumsel  meminta kepada penegak hukum atau kepolisian mengusut tuntas kasus perusakan tersebut.”Tegas Muliyadi melalui pesanwhatsApp nya. (Rafik elyas)